Adek sekolaaah…

Tahun ajaran baru dah mo dimulai lagi. Setelah cari sana-sini, dan Nan pun dah terdaftar di sekolah dasar, sekarang tantangan barunya adalah bikin May mau sekolah juga. Udah hampir setahun May nganggur, alias gak sekolah, gak mengasah ketrampilannya di sekolah. Di rumah teteup sih ikutan belajar, tapi kan beda kalo sama teman-teman sebayanya. Well, dia udah 4 tahun gt loh. It’s about time for her to go to school, don’t you think?

Setelah dibujuk, dirayu, dan May gak bergeming juga, akhirnya emak memutuskan udah saatnya untuk bicara 4 mata ma May. Kami berdua pun mengurung diri di kamar dan bicara dari hati ke hati **cieee** Pertama ditanya apa penyebab May gak mo sekolah, apa ada yg nakal, apa dia trauma sesuatu, ternyata fine aja. Setelah ngobrol panjang lebar, menggali dan menganalisa **berat, man!** diputuskan kalo May gak ada trauma apapun yg menyebabkan dia gak mau sekolah.

Oke, langkah selanjutnya adalah, memberikan alasan-alasan kenapa dia mesti kudu harus wajib sekolah. Secara dirumah semua pernah sekolah, termasuk sang nanny, gak susah meyakinkan dia kalo semua orang perlu pergi ke sekolah. Trus diceritainlah semua kejadian seru yang bakal dia dapet di sekolah. Mainannya, perlombaannya, temen-temen baru, juga piala seperti Nan kalo dia ikutan lomba, pokoknya semua yang asik-asik deh!

Terakhir, reward and punishment. Sebenernya sih gak se- extreme itu. Gak di punish yang gimanaa gitu. Cuma karena dia dah gede, keknya dah saatnya deh dikenalin ama yang namanya konsekuensi. Pertama kita ngomongin reward dulu dong, yang menyenangkan. Hehehe. May dikasih pilihan hadiah yang dia mau kalo dia berhasil lulus sekolah selama seminggu dikelas trial ini. Wuih, seneng banget disuruh milih hadiah! Jarang-jarang gt loh ditawarin hadiah! Hahahha. Trus setelah ngomongin hadiah, kita sepakatin konsekuensi yang akan dia dapet kalo gak mo sekolah. Sempet melotot sih dia denger konsekuensinya, tapi dia setuju dan kita pun shake hands tanda perjanjian disetujui.

Senin kemaren dimulai sekolahnya di kelas trial. Jam 10 emak telepon ke rumah, ternyata May gak minta pulang! **jejingkrakan** Selasa pun berjalan lancar, dan sekarang (rabu) dah berjalan 3 hari dia sekolah. Di rumah sih kalo ditanya dia blg seneng di sekolah. Semoga tahun ajaran depan dia masih seneng sekolah. Secara kalo tiap minggu mesti kasih reward kan repot juga yak?

Mohon doanya yaaa…

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s