Fenomena Lebaran

Mudik lebaran selalu terjadi tiap tahun. Antrian penumpang bis di terminal, antrian di stasiun kereta, di pelabuhan Merak, bahkan juga di bandara. Semua ingin kembali ke kampung halaman, menikmati hidangan lebaran buatan ibunda tercinta, bersilaturrahim ke sanak saudara di kampung.

Pembantu rumah tangga mudik juga jadi fenomena tersendiri. Kerepotan yang terjadi menjelang lebaran, ditinggal asisten pulak. Yang punya balita harus membagi konsentrasi antara pekerjaan rumah tangga dan menjaga anak.

Gak beda di rumah Nan & May juga begitu. Asisten di rumah pamit pulang, dan seperti biasa tidak memberi kepastian akan balik lagi atau nggak. **kenapa ya mereka selalu begitu?** hiks.. Untungnya Nan sudah besar, udah bisa mengurus dirinya sendiri. Bahkan kadang membuat kita semua terkejut ngeliat dia ngemong May. OMG! Apakah dia dewasa sebelum waktunya?

Hwaaa!!!” May nangis..
“Napa May?” Emak tergopoh-gopoh menghampiri
“KK tuh nakal! Nyubit May!” May ngadu
“Oohh.. gak pa-pa, gak sakit kan? Kalo mo bales, bales aja, gak usah pake nangis
” Emak berusaha melerai, tapi keknya dialognya salah yaa?? **hmmm…**

Tapi syukur juga sih mereka masih berantem, berarti ketakutan bahwa Nan dewasa sebelum waktunya tidak terbukti. Hehehe..

Waktunya sekolah tiba. Asisten belom pada balik juga. Janji mereka seperti biasa, meleset lagi. But the show must go on. May yang selalu minta ditungguin disekolah mulai pasang wajah memelas. Malam sebelum sekolah dia mogok tidur, berulang-ulang bilang: “May gak mo sekolah, May gak mo sekolah, May gak mo sekolah” **Kek kaset rusak** tapi di ignore ajah, toh sekolahnya besok pagi :p

Bener aja, sampe di pager sekolah ditinggal nih, mata mulai berair. Tapi teteup ditinggal hingga akhirnya tangisnya pecah. Tapi hebatnya, dia gak minta pulang. Sebentar aja nangisnya, dibujuk gurunya trus berenti. **fiuh** Angkat topi untuk semua guru di seluruh Indonesia.

Sore

Emak: “Gimana tadi sekolahnya?”
May: “May nangis”
Emak: “Trus? Minta pulang?”
May: “Nggak, tadi dibikinin bintang ma bu guru”
Emak: “Wah, keren!!!”
May: “Tapi May nangis tadi, enggak pa-pa?”
Emak: “Nggak pa-pa, nangis mah nangis aja, yang penting gak minta pulang”

Jadilah besoknya May nangis lagi di sekolah. Yah.. gak pa-pa deh, namanya juga masih belajar. Ntar juga lama-lama pinter.

Hadiahnya: “Boleh nonton VCD Barney!” Yeaaahhh!!!

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s