Metode Belajar Baca

Eh eh perhatiin gaks? Kita punya template baru lhow! Dibikinin nih sama Tante Vi3, yang hari ini sedang ultah! HOREEE!!! selamat ya Te’ Vi3. Semoga usianya berkah selalu, diberi rejeki yang banyak, daaaannn… cepet dikasih momongan. Kan dah gak sabar pengen begadang malem ngurus baby kaaannn?? Ngaku deeehh…

May sekarang dah mulai belajar baca. Emang sih dia masih TK A, tapi tau ‘ndiri kan nanti masuk SD kudu harus wajib udah bisa baca. Lagi pula di TK B bakal belajar baca, so gak ada salahnya start lebih cepet kan? Gak dipaksain cepet bisa sih, semua kan ada prosesnya. Aku percaya kalo nanti juga May bakal bisa baca, sama deh kek Nan, jadi gak perlu deh maksa-maksa ngoyo sampe anaknya muak. Kasiaann..

Belajar bacanya pake buku PANDAI MEMBACA. Banyak kok di toko buku sekarang. Judulnya juga macem-macem. Kalo bisa carinya yang warna-warni, biar menarik perhatian anak, supaya mereka gak bosen.

Dimulai dengan mengenal vokal:
a – i – u – e – o

Setelah semuanya dia hapal lancar gak pake salah lagi, baru dikenalin persuku-kata:
ba – bi – bu – be – bo

kalo yang ini dah hapal, dibolak balik gak pake salah, baru lanjut ke:
ca – ci – cu – ce – co

setelah yang ini hapal juga, di combine antara yang ‘b’ dan yang ‘c’. Sesudah lancar, dilanjut dengan huruf selanjutnya, which is ‘d’, ‘f’, dst.
Gak lupa untuk terus direview ke bacaan yang sebelumnya biar anak gak lupa.

Untuk belajar menghapal yang ‘b’ saja bisa sampai 2 hari, karena daya konsentrasi May cukup pendek. Kira-kira 5 menit awal dia bisa konsen, tapi selanjutnya, duduknya mulai membungkuk, kakinya mulai selonjor, matanya mulai lirik kiri-kanan, tangannya mulai garuk-garuk meja, dagunya nempel di meja. Pokoknya semua tanda-tanda kebosenan keliatan banget disana. So, gak ada untungnya maksain dia terus belajar sampai 2 jam, kalau dia udah boring abisss. Akhirnya pelajaran di stop. Untuk nantinya kalo dia dah mulai semangat lagi, dimulai lagi deh!

Tipsnya:
Manfaatkan menit-menit pertama semaksimal mungkin, karena daya konsentrasi anak seusia May memang masih pendek. Jadi, sabar sabar aja ya Bu… kalau mau ngajarin anaknya baca, tulis, dan lain-lain.

—–
BUKU BAGUS!

Ada yang udah baca buku : Tuesdays with Morrie, by Mitch Albom ?
Buku ini bagus banget! Berkisah tentang pelajaran hidup dari seorang professor yang dying tapi tetap bersemangat hidup, kepada mantan muridnya.
Deskripsinya bisa liat di SINI.

Yuuu.. baca!

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s