Rekaman untuk acara ProResensi RRI

Bila anda pecinta buku dan ingin mendapatkan info mengenai buku-buku baru atau buku yang sedang laris manis, pasti anda tidak asing dengan acara radio yang bertajuk ProResensi. ProResensi ini adalah acaranya radio RRI Pro 2 FM yang membahas sebuah buku bersama penulis atau penerbit buku.

Beberapa waktu yang lalu, 7 Sahabat mendapat kesempatan untuk mengisi acara proresensi edisi Ramadhan. Berhubung Ramadhan belum tiba, maka acara proresensi yang ditayangkan RRI Pro 2 FM tersebut direkam. Buku yang akan dibahas: Hikmah Sehat Gerakan Shalat: Senam Harmoni Tubuh dan Olah Hati.

Rekaman dimulai dengan berbincang sedikit mengenai siapa 7 Sahabat, apa saja perannya dalam 7 Sahabat dan misi-visi apa yang dibawa 7 Sahabat. Kemudian pembahasan masuk ke materi buku. Buku ini terbagi menjadi 3 bagian.

Bagian 1: Pembahasan mengenai Wudhu. Menjelaskan wudhu yang benar dan memberi manfaat kesehatan. Selama ini kita mungkin tak mengetahui bahwa dalam membasuh tangan sebaiknya sedikit dipijat di sela-sela jari, sebab syaraf yang ada disana akan terstimulasi dan memberikan manfaat kesehatan bagi kita.

Bagian 2: Pembahasan mengenai gerakan shalat. Sama sekali tidak ada niatan dari 7 Sahabat untuk menyalah-nyalahkan gerakan shalat yang telah dilakukan selama ini. Hanya saja, 7 Sahabat ingin berbagi gerakan shalat yang ergonomis yang sudah paling baik untuk tubuh manusia. Misalnya: cara takbir, bersedekap, juga cara berdiri kita.

Bagian 3: Pembahasan mengenai senam Sahabat (Senam Harmoni Tubuh dan Olah Hati). Gerakan senam ini diderivasi dari gerakan shalat. Sama sekali bukan bermaksud menyenamkan gerakan shalat. Banyak manfaat yang bisa diambil dari gerakan senam ini jika rutin dilakukan dan dengan cara yang benar. VCD bonus dalam buku ini bisa diikuti sehingga gerakan yang kita lakukan tidak salah.

Jadi, kalo dibilang shalat untuk sehat, SALAH besar! Kita semua sudah tau apa tujuan kita shalat: perintah Allah SWT yang wajib kita laksanakan. Namun jika gerakan shalat kita lakukan dengan benar, insya Allah manfaat kesehatan itu akan kita dapatkan. Jadi, jangan shalat untuk sehat ya, tapi shalatlah yang benar, niscaya sehat juga kita dapatkan. Banyak sudah penelitian ilmiah yang membuktikan hal tersebut, maka apa lagi yang kita tunggu? Mulai perbaiki gerakan shalat kita, yuk!

Kembali ke taping di RRI, perwakilan 7 Sahabat yang menjadi narasumber adalah Pak H. Saiful Bachri dan Ibu Nora Y. Dahlan. Dipandu dengan sangat profesional oleh Lia Achmadi (penyiar RRI Pro2 FM), taping berlangsung selama kurang lebih 2 jam. Nantikan tayangannya di bulan Ramadhan ya.

Sebelum pulang, Lia yang sering mengalami migrain dan sulit tidur, mempraktekkan beberapa gerakan senam yang bisa menyembuhkan penyakit tersebut. Jika gerakan senam dilakukan secara rutin, insya Allah Lia bisa kembali sehat dan tidak lagi mengalami keluhan penyakit-penyakit tersebut.

Terakhir, saya ingin memperkenalkan siapa saja 7 Sahabat:
Sahabat 1: Enny Arsjik Kapahang
Sahabat 2: Nora Yunara Dahlan
Sahabat 3: H. Saiful Bachri
Sahabat 4: Ruli Yusuf
Sahabat 5: Nurmilus Gisafiah
Sahabat 6: Sylvia L’Namira
Sahabat 7: Abdul Rahman

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s