Lakon Mak Biker #5: Klakson

Sering nggak sih kalau lagi bawa motor trus diklakson-klakson dari belakang? Entah itu sama mobil or motor lain. Terus terang saya rada sebel sama pengendara yang rajin nglakson. Berisik banget nggak sih? Dikit-dikit klakson, dikit-dikit klakson. Seolah hidupnya tergantung sama klakson banget. Biasanya kalo ada mobil di belakang nglaksonin, laju motor bakal sengaja saya pelanin. Kalo mo nyusul, ya monggo ambil kanan. Kalo di kanan rame, ya sabar aja menatap saya dari belakang. :p

Image

Saya jenis pengendara yang jarang, bahkan hampir nggak pernah, mijit klakson. Malah seringnya ketika lagi mood pingin nglakson, momen itu hilang gara-gara jempol kiri repot sendiri nyari-nyari lokasi tombol klakson.

Pernah nih suatu pagi, saat dalam perjalanan ke kantor mobil kan macet tuh, mau nggak mau saya harus ngambil kanan dong. Sebenernya saat itu kanan agak lancar, tapi motor di depan jalannya ndut-ndutan, alias ngerem melulu gak berani nyalip. Padahal agak lowong dan dia bisa ke kanan. Mbok ya kalo nggak mau nganan, jalannya jangan menghalangi kiper dong ya? Kesel dong? Ditambah udah telat dan terancam resiko potong gaji, akhirnya dengan penuh semangat saya mijit klakson. But you know what?

Secara bukan jenis pengklakson motor, alhasil selama beberapa detik momen ‘mood nglakson’ itu, jempol mencari-cari tombol klakson. Ketuker-tuker tuh sama tombol sen. Sampe akhirnya nemu, tu tombol klakson ternyata rusak, sodara-sodara! Saking nggak pernah dipijit, dia rusak sampe mencuat keluar gitu. Parah banget, kan?

Terus terang, gondok karena nggak bisa nglakson, lebih besar dibandingkan nemuin klakson rusak. Gini lho, somehow klakson rusak nggak jadi masalah buat saya, secara memang jarang digunakan. Tapi giliran sekali-kalinya mo mencet tu klakson, kok ya rusak? Kenapa nggak besok aja, atau lusa rusaknya? Kenapa harus saat itu? Ngerti kan perasaan saya?

Image

Setelah klakson motor diperbaiki, bukannya jadi rajin mijit klakson, saya balik lagi menjadi biker yang ‘sepi’. Ngandelin rem aja deh ama kesabaran tingkat tinggi. Soalnya kalo untuk motor matic, antara klakson sama rem, kayaknya mending rem diduluin dari pada klakson, ya nggak sih? Karena kalo kita mentingin nglakson tapi nggak ngerem, tertubruk lah yang di depan, bukan?

Jadi yah, kalau anda sejenis pengendara doyan klakson, dan pernah dihalang-halangi sama motor yang jalannya melambat ketika anda klakson dia, itu mungkin saya! 🙂

Leave a Reply

