Lakon Mak Biker #13: (Lagi-lagi) Soal Antrian

Image

Sudah sering saya menulis tentang macet. Tapi dengan tulisan ini saya nyatakan kalau saya MEMBENCI orang-orang yang mengakunya (dan kelihatannya) terpelajar, tetapi selalu mengambil lajur kanan saat macet, sehingga menumpuk di lajur sebelah dan menambah kemacetan makin parah.

Kenapa sih tidak bisa antri?

Setiap pagi rasanya dongkol saat sedang antri dengan manisnya di lajur kiri, tiba-tiba ada motor yang menyalip ambil lajur kanan yang kosong. Memang lajur di kanan itu tampak kosong, tetapi sebenarnya ada kendaraan yang akan lewat dan masih terhambat karena di depan (lagi-lagi) ada pengendara stup*d yang menutup lajur mereka.

Kenapa sih tidak bisa antri?

Memangnya bakal bikin badan gatal-gatal, atau kepala pusing ya kalau mengantri saja dengan sabar? Bukankah dengan sabar dan menahan diri, pengendara jadi tidak gampang naik darah? Coba kalau nekat ambil lajur kanan, tiba-tiba di depan ada bis yang mau lewat. Akhirnya mau tidak mau dia harus ambil jalur kiri, kan? Kalau saya yang di sebelah kiri, saya akan terus maju tanpa mempedulikan orang tersebut. Malah pernah sampai adu spion. Saya cuek saja. Kalau dia marah, saya akan lebih marah lagi! Kalau menurut saya sih, biar saja si penyalip ditabrak atau diserempet. Itu harga yang harus dia bayar karena memotong antrian. *sadis ya?*

Kenapa sih tidak mau antri?

Malu dong sama anak-anak. Bagaimana kita mau mengajari mereka budaya tersebut kalau orang tuanya saja tidak peduli dengan hak orang lain. Memotong antrian itu mengambil hak orang lain lho! Jangankan di jalan. Di swalayan saja, kalau ada yang tidak mau antri, langsung saya tegur. Tidak peduli dia anak kecil atau orang tua. Asal menegur dengan baik, insya Allah tidak menyinggung. Lagi pula mereka yang salah, kan?

Kenapa sih tidak mau antri?

Rasanya pingin bikin jaket dengan tulisan di belakangnya sebagai motivasi. Tapi tulisannya apa ya?

“Sabar Oom/Tante.”

“Antri dong!”

“Antri Mas/Mbak. Malu sama umur!”

Leave a Reply

