Penyakit Santri

Ternyata, ada penyakit yang kerap diidap oleh santri dan santriwati (asli, baru tau) dan itu adalah penyakit kulit. Penyebabnya? Macem-macem. Ada yang karena kutu busuk atau bangsat di tempat tidur, atau karena air yang kurang bersih.

Di pondok tempat May nyantri, bak mandinya terlihat kurang bersih. Dan setelah diperhatikan, ternyata airnya itu selain tidak jernih, bak mandinya pun tidak di keramik sehingga berlumut (oh no!) Saya merasa sangat bersalah ketika menemukan fakta tersebut sekarang. Kenapa nggak saat survey dulu saya cek semua termasuk air di kamar mandi?

Namun yang saya heran, saat ustadz penanggung jawab kebersihan diberikan masukan tentang bak mandi yang seperti tidak layak itu, beliau tampak defensif dan tersinggung. Kenapa ya? Apakah mereka sudah menutup mata pada maslaah ini? Bukankah mereka dulu juga santri? Harusnya setelah mereka menjadi ustadz di sana, mereka kan bisa memperbaiki fasilitas yang ada di pondok. Ya kan?

Bukankah kebersihan sebagian dari iman? Kalau mandi saja dari air yang kotor, bagaimana santri-santri itu bisa belajar agama dengan khusyu? Bagaimana mereka bisa menempuh pendidikan dengan baik, kalau mereka sibuk menggaruk-garuk karena gatal. Mana dong yang disebut sebagian dari iman?

Terlepas dari perasaan bersalah yang saya rasakan, suami sempat ngobrol sama temannya yang dulu pernah nyantri juga. Kata temannya tersebut, “penyakit gatal-gatal tersebut ibarat stempelnya anak santri. Sebersih apapun pondok pesantren, pasti ada saja yang terkena. Makanya kalau nggak kena penyakit itu, belum bisa menyatu dengan alam pesantren.” Gitu katanya. 

Ya sudah, saya pasrah saja lah. Semoga setelah sembuh, nggak akan kumat lagi karena kulitnya May sudah beradaptasi.

Amin!

Advertisements

One thought on “Penyakit Santri

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s