Ngulik Blog

Setelah sekian lama sempat meninggalkan dunia blog, menghilang tanpa jejak, tiada kabar berita, saya pun memutuskan untuk kembali. Blog curcol saya yang tadinya di blogger.com, saya pindahkan semua ke wordpress.com ini, demi tampilan dan wajah baru. Siapa tau setelah ganti tampilan dan pindah rumah begini, saya jadi rajin ngeblog. Kenyataannya ya kalo males sih males aja :p

Belakangan ini saya baru rajin ngeblog lagi. Yang paling sering saya update adalah blog review buku saya. Untuk menambah semangat, saya mencari teman dan ikut gabung di blogger buku Indonesia. Selain biar bisa baca review anggotanya, saya juga kan bisa cari referensi buku mana yang bagus.

Nah, mendaftar BBI ini nggak cepet lho, ada prosesnya ternyata. Dan saya sampai lupa pernah daftar saking lamanya saya mendapat respon. Ternyata lamanya respon itu karena BBI atau sering disebut Bebi, lagi benerin website, lagi bebenah lah gitu. Saya kagum juga, karena Bebi sangat terorganize. Sangat rapi dalam mendata anggota-anggotanya. Bahkan jika ada yang nggak aktif ngupdate blog bukunya, bisa didelete dari keanggotaan lho! Bikin saya jadi semangat baca buku, nih!

Nah, setelah akhirnya dapat konfirmasi kalau saya sudah menjadi anggota Bebi, saya pun diwajibkan memasang banner dan nomor anggota. Nah lho! Sekian lama vakum dari dunia ngulik blog, saya pun harus cari tahu lagi, gimana nih masukin gambar di sidebar blog buku saya. Saya buka template, dan terpampanglah kode HTML yang bikin pusing. Kalau dulu, saya memasukkan gambar-gambar di photobucket.com, lalu alamat URL nya dicopy ke template HTML, ternyata sekarang nggak begitu, sodara-sodara!

Untuk menambah gambar di blogger.com, ternyata mudah sekali! Dan saya mengetahuinya setelah ngulak-ngulik ke photobucket, nyari di FAQnya blogger, nanya mbah Google caranya, dan ternyata cuma klik Tata letak, lalu klik Tambah Gadget, scrolldown, pilih +gambar, upload gambar dari komputer, beres! Ya ampyuuuunnn… gampang pisan! Hahahaha! Trus tadi ngapain aja sampe ke mbah Google segala? *jedotin kepala*

Yah, kalau sudah lama nggak ngulik blog memang begini deh jadinya, gatek lagi. Tapi seneng juga karena sekarang mau masukin gambar nggak perlu nitip gambar di tempat lain, bisa langsung unggah di blogger.com. Nah, yang saya belum ngulik justru wordpress.com nih! Saya belum sempat nyari tahu cara masukin gambar di sidebar nya, atau nambah-nambah di templatenya boleh apa nggak ya? Next time bakal dicoba ah. Meanwhile, inilah tampilan blog buku saya setelah dipasang logo Bebi. Keren kan?

book-corner.blogspot.com

book-corner.blogspot.com

Leave a Reply

