Dua Bulan yang Produktif

Selama masa kehamilan kemarin, saya membayangkan hari-hari saya selama cuti melahirkan nanti bakal monoton. Full mengurus baby sampai habis masa cuti yang 3 bulan. Saya membayangkan sulitnya menulis, sulitnya melakukan apapun, hanya si baby, baby, dan baby sepanjang hari. Namun ternyata, dalam waktu dua bulan saja saya sudah melakukan banyak hal selain mengurus baby. Disela-sela mengurus Arham, saya masih bisa nulis!

image

Kumpulan Emak Blogger

Di awal masa cuti melahirkan, saya mulai mencari-cari komunitas yang sesuai dengan minat saya. Saya bertemu Kumpulan Emak2 Blogger (KEB) di mana isinya emak-emak yang sharing tentang diri mereka, tentang keluarga, tentang tumbuh kembang anak, tentang lomba menulis, pokoknya banyak! Dan yang membuat saya kagum, para emaks di KEB jago2 banget nulisnya, sehingga nggak cuma satu-dua, tapi buanyaakk yang terpilih menjadi pemenang lomba blog. Bahkan beberapa dari mereka sering diminta jadi pembicara, juri lomba, wah pokoknya hebring, euy!

Saya jadi terpacu untuk ikutan nulis di lomba blog berkat emak2 ini. Berbagai macam topik saya coba ikuti, mulai dari mereview smartphone, menceritakan pengalaman jalan-jalan, dan sebagainya. Selain lomba blog, saya juga banyak menimba ilmu dari para emaks ini. Mereka begitu konsisten dalam mengisi blog mereka, sehingga grup di FB pun aktif menjadi ajang sharing, begitu pula di twitter. Gimana saya nggak jadi semangat? Saya pun mendaftarkan blog saya Melakoni Hidup untuk join bersama emak2 super di sini.

image

Blog Buku Indonesia

Lalu grup lain yang saya ikuti adalah group Blog Buku Indonesia (BBI) yang isinya pembaca buku yang mereview buku yang sudah dibaca. Kebetulan! Saya kan juga punya blog yang isinya khusus review2 dari buku yang pernah saya baca! Sekalian deh saya daftarin juga blog review saya Syl’s Book Corner dan join dengan pembaca buku lainnya. Memang saya penulis, tapi saya duluan jadi pembaca sebelum jadi penulis πŸ™‚

Trus abis daftar, udahan? Ya nggak juga. Selain mereview buku, ternyata anggota BBI juga sering mengadakan giveaway buku. Seru kaan? Dan yang terbaru adalah lelang buku yang tujuannya untuk charity. Waahh ide yang sangat bagus. Dari pada buku yang sudah dibaca nangkring aja di rak atau di kardus, mending dibaca orang lain, kan? Seru lho liat pertarungan antar member yang ngebid harga buku incaran πŸ™‚

Selain ikut dua grup tadi, saya juga follow twitternya Lomba Menulis. Nah, dari sini saya juga banyak dapet info tentang lomba menulis. Berbagai info lomba ada di sini. Lumayan buat mengasah kemampuan menulis πŸ˜‰ Ini hebat lho! Admin lomba menulis sangat konsisten membagi informasi lomba menulis. Jadi bertanya2, adminnya ikutan lomba jg gak ya? πŸ™‚

image

Lomba Menulis

Lalu ada satu grup di FB yang sebenarnya sudah lama join, namun baru ini aktif lagi, yaitu Komunitas Penulis Bacaan Anak. Kenapa saya join komunitas ini? Karena bagi saya nulis cerita anak itu susah! Saya kagum banget sama yang bisa tembus penerbit bahkan nulis berseri-seri buku anak bergambar. Nah, saya beruntung banget sempat konsultasi naskah sama salah satu member yang pastinya udah expert banget. Naskah saya jadi cakep, dan beliau menyarankan untuk kirim ke media. Awalnya nggak PD, tp akhirnya setelah naskahnya rapi, saya beranikan diri untuk mengirimnya.

So, selama dua bulan ini, saya total dapet hadiah 2 buku dari penulisnya langsung plus TTD, trus ngirim 3 naskah ke lomba menulis, 2 artikel untuk koran, 1 cerita anak ke koran, 1 naskah horor utk komik, dan 2 lomba blog serta sharing foto di Closeup moments & Smartfren semangat berbagi. And the list will continue πŸ™‚

Banyak, kan? So, siapa bilang cuti melahirkan monoton? (saya sih, dulu tapiii) Ternyata banyak yang bisa dilakukan, ya? Kalo gak juara di lomba menulis, rapopo laahhh… Yang penting kan keahlian menulis jadi terlatih. Siapa tau next winner is me? πŸ˜‰ *Amiinnn*

2 thoughts on “Dua Bulan yang Produktif

Leave a Reply

