Sehat Hingga Lanjut Usia

Sejak melahirkan si bungsu, saya jadi sering berpikir yang sebenarnya terlalu jauh. Saya berpikir apakah sempat saya hidup cukup lama untuk menyaksikan anak-anak saya dewasa, terutama si bungsu ini. Usia saya yang sudah tidak muda lagi serta faktor pola hidup yang tidak terlalu sehat, membuat saya gentar. Bagaimana tidak, sebagai ibu pastinya saya ingin menyaksikan anak-anak tumbuh dewasa, memiliki kehidupan yang baik, masa depan yang cerah, serta memiliki keluarga sendiri. Ingin sekali saya melihat itu semua. Menimang cucu saya anggap bonus πŸ™‚

Saya pun mencari-cari cara dan tips bagaimana supaya bisa panjang umur. Nah, dari obrolan dengan beberapa orang, ini yang saya dapat bagikan.

image

Tu-wa-ga-pat!

1. Olah raga.

Ini dia nih yang paling susah. Kenapa susah? Sepertinya waktunya nggak ada aja gitu buat olah raga. Dulu saya rutin berolah raga, seminggu 3 kali, saya jalani selama satu tahun. Tapi itu karena saya punya pengasuh untuk anak-anak. Sekarang saya harus mencari waktu lagi sepertinya. Yang berat itu kan memulainya ya?

image

2. Makan yang sehat.

Ini juga tantangan tersendiri secara saya bukan pemakan sayur. Aduh, bagaimana ini? Padahal sayur dan buah adalah makanan yang paling dianjurkan untuk hidup sehat. Apalagi saya pernah baca makanan yang disebut dalam Al Quran adalah sayur dan buah. Paksa nih? Yo wes, paksa makan sayur dan buah mulai sekarang πŸ™‚

image

3. Mandi sebelum subuh.

Terus terang, berat! Tapi anak saya yang di pesantren mandi tiap hari pukul 3 pagi. Dia mungkin karena takut kehabisan air dan antrian panjang, dia nggak tahu efek positif lainnya yakni panjang umur.

image

4. Jangan tidur lagi setelah subuh.

Nah, yang ini mah nggak berat dilakukan. Karena habis shalat subuh memang gak bisa tidur lagi secara kudu siapin makanan bekal anak yang ke sekolah. Selain itu, abis subuh adalah waktu yang pas kalau mau curi waktu kerja. Baby masih bobo, semua masih tenang. Gak grabag-grubug. Subuh itu waktu yang pas untuk mencari ide nulis. Dan katanya, mengerjakan pekerjaan rumah tangga bikin sehat loh. Asal ikhlas ya πŸ™‚

image

5. Shalat malam.

Ini katanya kalau sudah bisa melakukan selama seminggu berturut-turut, insya Allah jadi terbiasa. Efek positif lainnya adalah bisa mendekatkan diri kita pada Yang Maha Kuasa. Katanya nih, kalau mau Allah ikut campur dalam kehidupan kita, kita mesti mendekatkan diri denganNya. Caranya adalah menambah porsi ibadah dan salah satunya shalat malam ini.

image

6. Menyambung tali silaturahim.

Ini nih memang penting dan memang kita sering dengar kan kalau silaturahim memanjangkan usia. Kalau punya teman, saudara, kenalan yang sudah lama nggak ditanyain kabar, colek deh. Tanya kabarnya, bagi berita dengannya. Siapa tau dia juga kangen sama kita, kan? Pede ajaaa πŸ™‚

image

7. Sedekah.

Makin sering berbagi, makin banyak yang mendoakan. Syukur2 ada yang ngedoain panjang umur, jadi dobel manfaat deh. Karena sedekah itu juga kan menolak bala. Insya Allah dilindungi dari mara bahaya.

Untuk sementara, baru ini tips-tips panjang umur yang saya bisa simpulkan dari percakapan dengan beberapa orang di sekitar saya. Jika ada yang mau berbagi tips panjang umur, silahkan di komentar πŸ™‚ insya Allah manfaat bagi yang membacanya nanti.

Semoga usia kita dipanjangkan, dan menjadi manfaat bagi banyak orang. Amin.

Posted from WordPress for Android

Leave a Reply

