Bermain tanpa was-was di Kidzania

Antriii..

Antriii..

Saya selalu mengajarkan anak-anak untuk berani dalam melakukan hal apa pun. Sejak mereka di taman kanak-kanak, saya menekankan pada mereka bahwa untuk trip sekolah hanya diantar orang tua saat mereka TK.

Setelah SD mereka akan pergi sendiri didampingi guru sekolah. Saya berharap dengan begitu anak-anak akan tumbuh menjadi anak-anak yang mandiri dan berani.

Termasuk saat mereka saya ajak ke Kidzania. Saya hanya mengantar sampai depan pintu saja. Kerugiannya adalah tidak banyak momen yang bisa saya abadikan saat mereka di dalam. Namun keuntungan yang didapat sepertinya lebih banyak dari sekedar foto, yakni mereka berani mengeksplor Kidzania hanya berdua saja.

Dapat modal!

Dapat modal!

Dan saat mereka keluar, saya dihujani kisah seru mereka saat di dalam. Dan tambahan kejutan menyenangkan adalah mereka berkenalan dengan seorang anak perempuan seusia mereka, dan di dalam mereka asik bertiga. Inilah kelebihan yang ingin saya tonjolkan dari Kidzania, yaitu keamanannya bagi anak-anak yang masuk tanpa dampingan orang tua.

So, apa saja yang mereka lakukan di dalam?

Pertama mereka menukarkan uang di bank BCA. Bagaimana mereka tahu cara menukarkannya? Tentu saja dengan bertanya. Mereka mengantri dan bahkan mendapatkan ATM BCA. Wah, bangganya! Setelah itu mereka ke Indomaret. Di sana, ternyata mereka bisa bekerja untuk menambah uang mereka yang sudah ada di BCA. Maka si Kakak, Nanda, mengambil posisi sebagai kasir sementara Mayra, si adik, tentu saja lebih memilih belanja. Dia ini memang ratu jajan!

Setelah itu mereka mencoba menjadi pemadam kebakaran. Betapa serunya kisah yang mereka ceritakan saat berusaha mematikan api. Kemudian tak ketinggalan mereka mencoba naik taksi Bluebird. Setelah puas berkeliling naik taksi, mereka ke lantai atas menuju pabrik coklat. Nah, ini seru banget, meski pun antrinya panjang.

Woww! Bikin ATM yuk!

Woww! Bikin ATM yuk!

Di dalam pabrik coklat, mereka bercerita bahwa mereka diperkenalkan dengan produk coklat, dan mereka juga membuat coklat sendiri. Pulangnya, dapat sebungkus chunkybar deh. Yummy!

Saat merasa perut keroncongan, mereka berinisiatif untuk mengantri di tempat pembuatan burger. Wah! Serunya belajar membuat burger sendiri, dan setelah jadi bisa dibawa untuk dimakan! Luar biasa deh.

Tuh Emak saya di luar, Pak!

Tuh Emak saya di luar, Pak!

Bersama kenalan baru mereka, DaRa mengeksplor Kidzania hingga akhirnya waktu yang ditentukan selesai dan saya menunggu di pintu keluar. Perasaan khawatir yang sempat hinggap langsung hilang begitu melihat pengamanan di pintu keluar. Anak-anak yang tidak bersama pendamping tidak diperkenankan keluar begitu saja. Petugas memperbolehkan mereka keluar setelah anak saya menunjuk ke arah saya yang menunggu di pintu keluar.

Pengamanan yang ketat membuat saya merasa tenang melepas DaRa di dalam berdua saja untuk bermain. Kidzania, selain edukatif, juga aman untuk anak-anak.

Sudah beberapa tahun berlalu sejak kami mengunjungi Kidzania. Namun hingga sekarang kenangan itu masih berbekas dalam ingatan DaRa, dua gadis saya yang sekarang sudah beranjak remaja. Percaya tidak percaya, kartu ATM BCA dari Kidzania masih mereka simpan hingga sekarang. Bahkan kalau diajak ke sana lagi, mereka masih antusias bahkan berangan-angan ingin mencoba arena yang tidak sempat mereka kunjungi saat dulu ke sana.

Saya bangga memiliki dua anak perempuan yang berani dan mandiri seperti mereka. Sehingga untuk bermain pun saya tak perlu mendampingi. Ditambah lagi pengamanan dari pihak Kidzania yang membuat saya sebagai ibu merasa aman melepas mereka di dalam. So, win-win solution pun di dapat. Anak-anak bermain dengan aman di dalam, ibunya bisa jalan-jalan di mall nya deh.

*

Tulisan ini diikutsertakan dalam Blog Contest yang diadakan oleh Kidzania.

 

barcode kidzania

 

2 thoughts on “Bermain tanpa was-was di Kidzania

Leave a Reply

