Resep Puding Coklat

Punya resep andalan yang disukai anak-anak? Wajib itu! Biar nanti setelah mereka besar dan dewasa, mereka akan ingat makanan buatan emaknya yang paling dikangenin. Penting, kan?

Saya bukan spesies emak-emak yang rajin ke dapur dan bereksperimen dengan ragam masakan. Makanan yang saya buat ya standard aja. Nasi goreng, nggak seenak abang-abang yang jualan keliling. Lauk, nggak seenak masakan koki restoran. Cemilan pun seadanya bahan. Bahkan kadang maksa. Pas pingin pisang goreng adanya pisang ambon, ya udah hajar bleh! 🙂

Tapi ada nih satu makanan yang selalu diminta anak-anak untuk dibuatin: puding coklat. Saya bagi resepnya yaa.. Guampang tenan bikinnya! Sambil merem juga pasti emak-emak bisa bikin. Atau jangan2 resep puding emak2 lebih canggih? Bagi dong.. He-he 🙂

Resep ini dibagi ibu saya saat saya punya anak balita dulu. Ceritanya buat cemilan sehat, gitu 😉 Tapi berhubung nggak pernah mengabadikan gambarnya, saya pinjam foto dari sini.

image

Puding Coklat ala Mak Biker-Brarian

Bahan:
1 bungkus agar2 warna coklat
1 kaleng susu kental manis coklat
Sedikit garam
Sedikit vanili
Pewarna makanan coklat jika suka warna lebih gelap

Cara membuat:
Tuang susu kental manis ke panci. Iya, semuanya aja, jangan nanggung-nanggung.
Tambah air matang sebanyak 3 1/2 kaleng susu yang sudah kosong tadi sebagai gelas takarnya.
Masukkan agar2 coklat, lalu aduk-aduk.
Setelah merata, letakkan panci di atas api, aduk lagii..
Masukkan garam, pewarna makanan coklat (jika mau), lalu… Aduk lagiii.. Tarik Maakkk..!
Sebelum mendidih banget, masukkan vanili untuk pewangi. Jangan kebanyakan ya, ntar pahit.
Setelah mendidih, matikan api, tuang ke dalam cetakan.
Setelah asap menghilang, masukkan ke dalam kulkas.
Setelah dingin, jangan tunda lagi, langsung saja dipotong, dan sajikan.

Puding ini tidak memerlukan gula lagi karena sudah manis dari susu kental manisnya.

Mungkin resep ini sudah umum, dan banyak sudah modifikasinya. Tapi yang sering saya buat ya seperti ini. Kalau emak mau nambah vla, boleh juga. Tapi berhubung resepnya saya pake perasaan, rada nggak PD juga ngebaginya nih, hehehe. Tapi kira2 begini nih:

Vla puding ala perasaan Mak Biker-Brarian.

Bahan:
Susu kental manis putih
Air matang
Garam
Vanili
Tepung maizena, larutkan dalam air

Cara membuat:
1/2 kaleng susu kental manis putih, campur air kira2 2 gelas atau sebanyak vla yang dibutuhkan (hehe tuh kan, belum apa2 udah nggak jelas) aduk rata di atas api kecil, masukkan sedikit garam, vanili, dan larutan tepung maizena. Aduk hingga mendidih, biarkan hingga asap hilang, lalu dinginkan di kulkas.

Gimana? Mudah dan praktis, kan? *ala ibu Sinta*

Semoga bermanfaat yaaa 🙂

Posted from WordPress for Android

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s