Obat pikun

image

Pic credit: lintasgaul.blogspot.com

Apa tuh penyakit pikun yang namanya susah bener? Alzheimer ya? Menurut salah satu website, penyakit alzheimer itu adalah suatu gangguan otak atau demensia (pikun) yang menahun, terus berlanjut, dan tidak dapat kembali sepeti semula lagi, tidak diketahui penyebabnya yang pasti dan tidak ada pengobatan yang paling tepat untuk menyembuhkannya. (sumber: http://penyakitalzheimer.com)

Penyakit Alzheimer ini sekarang nggak cuma diderita orang tua aja loh, namun sudah mulai juga menyerang orang-orang di usia muda. Sedikit-sedikit lupa, nggak yakin sudah matiin kompor atau belum, sudah kunci pintu atau belum? Memang pelupa sering menjadi alasan yang digunakan. Namun kalau selalu lupa, waspada deh takutnya malah tanda-tanda Alzheimer tuh *serem*

Banyak yang menyarankan untuk melakukan trik-trik seperti sering2 mengisi TTS, atau menghitung mundur, atau kegiatan senam yang mengulurkan tangan trus diputar2, atau senam yang menyeimbangkan otak kanan dan kiri, atau saat meletakkan sesuatu, kita sebut. Misal saat mengunci pintu kita bilang, “pintu sudah dikunci.” “Kompor mati.” dan lain sebagainya. Untuk tanda2 & cara mengatasi pikun, bisa dibaca di website2 yang bertebaran :p Yang ingin saya share adalah pengalaman teman saya berikut ini.

image

Pic credit: kelab-iqra.blogspot.com

Seorang teman, berusia 40an, sering lupa meletakkan sesuatu. Beliau bahkan saat menaruh sesuatu sudah menyebut, tapi tetap saja lupa. Istrinya yang mulai kesal akhirnya menyuruhnya ke dokter. Dan apa jawaban dokter saat beliau bertanya kenapa dirinya sering lupa? Jawabnya: “sering2 baca Al Qur’an.”

Jleb banget kan? Seorang dokter menyarankan hal seperti itu bukankah berarti luar biasa banget kitab suci umat Islam ini? Tanpa perlu obat, terapi, atau apa pun yang menghabiskan uang, hanya perlu membaca Al Quran.  Well, saya memang belum menemukan hasil penelitian yang terkait dengan itu. Tapi yang jelas dengan bangun tengah malam untuk tahajud, dan sering baca Al Quran, saya yakin tubuh kita akan selalu sehat. Tidak percaya? Coba aja 🙂

Posted from WordPress for Android

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s