Hari Blogger Nasional

IMG_20141027_110331

Hari Blogger Nasional

Kalau dilihat-lihat ke postingan awal saat baru pertama kali kenal blogging, ternyata saya sudah 10 tahun ngeblog. Wow! Apakah ini bisa dibilang sebagai postingan dalam rangka merayakan 10 tahun ngeblog? Ya, bisa jadi, bisa jadi 🙂 Apa saja sih yang sudah saya posting selama ini?

Awal mula, saya share tentang perkembangan buah hati saya. Dua gadis cantik, manis dan imut yang sekarang udah pada gede-gede ini menjadi sumber inspirasi saya untuk menulis di blog. Keseharian mereka, keahlian yang mereka kuasai secara bertahap, dan kelucuan mereka saat masih kecil dulu.

Sejak mulai ngeblog di tahun 2004, saya berusaha konsisten menulis. Apa pun saya tuangkan di blog saya. Nggak tanggung-tanggung, ada 5 blog yang saya kelola dengan fokus yang berbeda-beda:

  • NanMay.blogspot.com yang berisi keseharian buah hati saya, Nanda dan Mayra
  • sylvianamira.multiply.com yang berisi pikiran-pikiran agak ‘dalem’ dari seorang syl (kadang saking dalemnya, saya suka tenggelam sendiri) :p
  • sylvianamira.blogspot.com yang isinya tentang buku-buku saya, karya terjemahan, antologi, dan kutipan-kutipan yang saya bikin
  • book-corner.blogspot.com yang isinya review dari buku-buku yang saya baca. Nge-link sama review saya yang ada di goodreads.
  • cenyamcenyum.blogspot.com yang isinya ditulis rame-rame sama teman kuliah, tentang segala hal yang berhubungan dengan kami, mau itu arisan, kopdar, buka puasa bersama, dan lainnya.

Nah, dari sekian banyak itu, bingung lah saya mau ngapain ya banyak-banyak? Setelah tahun 2012 sempat vakum sama sekali nggak ngisi blog, saya putuskan untuk menggabungkan blog yang bisa digabung, dan hasilnya, NanMay.blogspot.com & sylvianamira.multiply.com saya gabungkan menjadi satu dan berubah nama menjadi https://melakonihidup.wordpress.com. Saat itu memang multiply akan menghapus akun-akun blog dan mengkhususkan diri untuk berjualan. Untung saya sempat baca pengumumannya, jadi sempat menyelamatkan isinya sebelum akhirnya musnah.

Trus kenapa wordpress? Why not blogspot? Pinginnya sih (dot)com, yang pake nama sendiri itu lhoo.. tapi saya sadar belum konsisten nulis dan belum menjadikan nulis blog kebutuhan hidup, dan saya juga ingin mencoba pakai wordpress. Biar kalau ada yang tanya, paling nggak saya tahu gimana pakai blogspot, wordpress, gituuu.. Jelek-jelek ada juga lho yang nanya soal ngeblog sama saya 😀

Trus blog review dan blog penulis saya biarkan karena isinya fokus pada hal yang sama, nggak campur aduk. Kalau yang gado-gado ya di blog ini nih 🙂

Trus selama ngeblog apa aja yang udah saya dapet? Teman! Yap, teman di dunia blogger, komunitas dengan selera yang sama. Serta ilmu. Lots, and lots of ’em. Dan terus terang dulu saya cuma berpikir (pendek) bahwa ngeblog adalah penyaluran hobi menulis dan track record perkembangan anak-anak. Baru akhir-akhir ini saya tahu bahwa ngeblog bisa menghasilkan reward dan ternyata banyak banget lomba ngeblog! Kemana aja ya ekeh selama ini? Yaaa.. kerja doang. Namanya juga kuli. :p Tapi reward paling berharga adalah kebahagiaan yang didapat setelah tulisan berhasil diposting tanpa putus koneksi internet. #kode banget nih buat para provider internet!

Contoh-contoh blog yang dikelola banyak perempuan hebat saya temui setelah bergabung dengan komunitas emak-emak blogger. Di sini saya belajar untuk nggak melulu menulis tentang buah hati, meski pun sesekali ada juga. Tapi lebih ke tulisan yang bermanfaat, ada tips, sharing pengalaman, lengkap deh! Pokoknya yang membangun dan membantu bila ada yang memerlukan info. Jadinya menyalurkan hobi menulis sekaligus berbagi. Indahnyaaaa… 🙂

Contoh tulisan pereview keren saya temui di komunitas blogger buku Indonesia. Review-review tajam, mendalam, dan detail membuat saya ingin mengasah kemampuan mereview buku. Bukan sekadar nulis “buku yang bagus!” “wow, keren! Suka sama si tokoh utama.” dan sejenisnya. Tapi ada alasan, ulasan, dan pendapat tentang buku yang dibaca. Lebih bagus lagi bila bisa memberi masukan positif.

Dan keluarga blogger saya temukan di blogfam. Komunitas ini yang pertama kali saya ikuti. Suasana asik dan akrab berasa banget, hingga akhirnya saya juga menelurkan (ayam, keleus) karya pertama saya dalam antologi. Mulai deh saya rajin nulis bahkan sampai menerbitkan beberapa buku. Lumayan ya?

Tipsnya, kalau mau betah ngeblog, harus cari teman sesama blogger, yang buanyaaakkk… sebab asiknya blog walking adalah mampir dan dimampiri. So, kalau blog walking, tinggalkan jejak di blog teman, kasih komen positif, dan beri dukungan. Kita juga ingin orang melakukan itu ke kita, kan?

“Do what you want others do to you.” (kira-kira gitu deh kutipannya 😉 Apalagi sekarang ngeblog nggak cuma bisa pakai komputer, bisa pakai tab, bahkan hape. Jadi, ayo ah, sama-sama mulai nulis lagi. Saya juga butuh pecutan nih 🙂

2 thoughts on “Hari Blogger Nasional

Leave a Reply

