Resensi Kompas Anak: Bonbon si Hidung Tomat


Resensi buku Bonbon si Hidung Tomat ini dimuat di koran Kompas Anak terbit pada hari Minggu, 9 November 2014. 


Untuk review buku Bonbon si Hidung Tomat, bisa dibaca di website Syl’s Book Corner.

Jika ingin mengirimkan juga resensi anak ke Kompas, berikut syaratnya:

Tulisan maksimal 200 kata. 

Dikirimkan ke email: kompas@kompas.co.id, di cc: kompas@kompas.com dengan subject [Resensi Kompas Anak]+ judul buku. 

Lampirkan naskah resensi +scan cover depan buku.

Sertakan data pribadi di badan email: Nama, No HP yg bisa dihubungi, Alamat rumah, No rekening.

Good luck! 😉

Dan berikut saya posting resensi asli yang belum diedit redaksi. Enjoy 🙂

**

BONBON Si Hidung Tomat

Penulis:  Lia Herliana

Ilustrasi: Evelline Andrya

Penerbit: Bhuana Ilmu Populer

Tahun terbit: 2014

Jumlah halaman: 104

Suka badut? Atau malah takut sama badut?

            Banyak anak-anak yang suka dengan badut, namun tidak sedikit pula yang takut pada mereka. Padahal badut adalah sosok penghibur yang selalu membuat kita tertawa dengan tingkahnya yang lucu. Bagi yang menyukai badut, tidak akan merasa takut saat melihat badut di tempat-tempat hiburan. Tetapi buat yang takut,  akan langsung ambil jurus langkah seribu untuk menghindarinya.

            Bonbon adalah badut yang lucu tingkahnya dan disukai banyak anak-anak yang menonton sirkus. Awalnya, Bonbon adalah badut baru di sirkus. Dia ingin sekali belajar trik-trik untuk bisa menghibur penonton. Tetapi sayangnya, teman-teman badut lainnya di sirkus terlalu sibuk berlatih sehingga dia pun harus mencari trik sendiri.

           Ketua badut pun memberinya hidung tomat. Bukannya merasa gembira, Bonbon merasa sedih, karena hidungnya yang merah itu pasti akan menjadi bahan ejekan semua orang. Bonbon pun duduk di luar tenda sirkus sambil memencet-mencet hidung barunya.

Nit-not! Nit-not!

            Ternyata hidungnya bisa bunyi! Dan bunyi itu menarik perhatian beberapa anak yang lewat. Mereka pun menghampiri Bonbon. Wah apa yang terjadi selanjutnya ya?

            Itu adalah ceri ta pembuka dari buku setebal 104 halaman ini. Terdapat lima cerita tentang Bonbon dan badut-badut lainnya. Kisah yang diangkat dekat dengan keseharian kita, yakni bagaimana badut yang iri berusaha mencelakai Bonbon namun gagal, lalu ada juga badut baru yang ingin belajar trik sendiri tanpa mau dibantu, juga bagaimana para badut bersaing untuk menjadi badut terhebat, dan lain sebagainya.

            Buku cerita anak biasanya sangat langka gambar dan warna. Namun, buku ini penuh dengan ilustrasi yang meriah dan penuh warna. Kertasnya pun tebal sehingga memudahkan bagi adik-adik kecil yang ingin membaca buku ini sendiri.

            Di tiga halaman terakhir, disediakan lembaran untuk menuliskan cita-cita, menceritakan permainan seru yang dimainkan bersama teman-teman, dan cerita tentang sahabat terbaik. Tiga halaman bergaris ini diperuntukkan bagi pembaca anak-anak yang ingin menuliskan atau menggambar ketiga hal tersebut.

            Jadi buku ini tidak hanya bagus untuk mengenalkan karakter badut, buku Bonbon Si Hidung Tomat ini juga interaktif, di mana anak-anak diajak untuk ikut berbagi. Sangat direkomendasikan untuk anak-anak sejak usia balita. Karena membacakan buku sejak anak masih kecil sangat baik untuk perkembangannya. Ditambah ilustrasi yang penuh warna di dalamnya, Bonbon Si Hidung Tomat ini akan melatih penglihatan dan daya imajinasi anak.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s