Lakon Librarian #15: Si Pendiam Di Library

Girl reading

pic credit: readingrainbow.com

Selain sebagai tempat menyimpan banyak informasi, perpustakaan yang memiliki banyak fungsi yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan, juga memiliki fungsi lain, yakni sarana rekreasi, di mana pengunjung dapat bersantai dan menikmati membaca buku atau koleksi lain seperti majalah dan koran.

Di dua tempat di mana saya bekerja, library juga berfungsi sebagai tempat pelarian para siswa introvert. Mereka bisa jadi terlalu malu untuk berteman (biasanya anak kelas 1 atau anak baru), atau bisa jadi karena malas bergaul (lebih suka membaca buku).

Ada seorang anak gadis yang saya kenal saat pertama kali bekerja di Mentari School. Anak ini baru kelas 1, dan sangat pendiam. Saat teman-teman lainnya berlarian dan bermain bersama teman-teman baru mereka, gadis ini hanya berdiri diam dan memandang temannya dari jauh.

pic from: angryallyforever.blogspot.com

pic from: angryallyforever.blogspot.com

Saya perhatikan tak ada yang mengajaknya bermain. Mungkin karena masih baru lulus dari TK, mereka belum memedulikan hal tersebut.  Jadilah anak itu makin pendiam.

Suatu pagi, saat saya baru sampai sekolah, dia sudah ada di koridor depan kelasnya yang masih terkunci. Saya sapa dia hanya dengan, “good morning.” Karena saat itu saya belum tahu namanya.

Saat library time, siswa datang untuk meminjam buku dengan guru mereka dan saya baru tahu nama gadis itu. Saya sapa dia dengan menyebut namanya saat hendak meminjam buku.

Tahun-tahun pertama di sekolah, dia lebih sering terlihat sendiri. Dan saya tak pernah absen menyapanya, meski pun kadang dia terlalu malu untuk menyahut.

Sejak saya sering menyapanya, dia mulai masuk ke library saat jam istirahat. Meski pun dia diam saja sambil membaca buku, saya hampiri dia dan menanyakan sedang baca buku apa. Dengan suara pelan dia akan jawab. Lumayan, ada kemajuan 🙂

Sekarang dia sudah di kelas 4. Pembawaannya tentu sudah jauuhh berbeda. Sekarang dia anak yang riang dan banyak temannya. Dan yang paling bikin saya senang adalah, dia yang terlebih dahulu menyapa saya, sebelum saya menyapanya.

Begitu buka pintu library, dia akan langsung berteriak, “hai Miss!”

Happy? Of course! 🙂

Advertisements

2 thoughts on “Lakon Librarian #15: Si Pendiam Di Library

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s