Iming-iming Hadiah

Siapa coba yang tidak tergiur hadiah? Jangankan menulis, untuk beribadah pun manusia harus diiming-imingi pahala dulu, baru mau melaksanakan. Persis seperti lagu yang dilantunkan oleh alm. Chrisye yang bunyinya seperti ini:

“Jika surga dan neraka tak pernah ada, masihkah kau tunduk kepadaNya?”

Kurang lebih seperti itulah manusia. Jadi jangan heran kalau semangat ngeblog langsung naik drastis. Ibarat grafik pembaca alat pacu jantung, naiknya tuh dramatis banget karena hadiah yang dijanjikan situs ini lumayan spektakuler.

pic credit: andikafm.com

pic credit: andikafm.com

Dan sebagai manusia, kami juga mahfum kalau dalam hidup ini, kita tidak selalu menang dalam segala hal. Tapi usaha tetap harus dilakukan, bukan? Kalau tidak berusaha, mana tahu akan menang atau kalah? Ya toh?

Saya pernah menonton film drama Korea, pemerannya yang bukan dari spesies manusia, bertanya seperti ini:

“Kalau manusia sudah tahu bahwa nanti mereka akan mati, kenapa juga mereka tetap berusaha? Bukankah itu hal yang sia-sia?”

Jawabnya adalah, karena berusaha yang terbaik akan membuahkan hasil yang baik pula. Jika di akhir cerita manusia tersebut meninggal, at least meninggal dalam keadaan puas karena usahanya sudah berhasil. So, tidak perlu heran jika ada yang membuat giveaway berhadiah satu buku, yang ikutan bisa sampai ribuan orang. Mereka tahu bahwa yang akan dapat hadiah hanya satu orang, dan kemungkinan dia dapat pun kecil, satu berbanding ribuan. Tapi tetap saja, kepuasan karena sudah mengikuti lomba, dan berusaha yang terbaik, sudah merupakan kepuasan tersendiri. Jika akhirnya tidak menang, ya sudah. Berarti belum rejeki.

Oleh karenanya, marilah ngeblog. Berusaha sebaik-baiknya mencapai target, hingga hari keputusan untuk menukar hadiah tiba, dan kita dipersilahkan memilih dari katalog hadiah. Bukankah itu yang kita semua harapkan?

Mari saling menyemangati. Karena ngeblog rame-rame itu lebih asyik dibandingkan ngeblog sendirian.

**

Tulisan ini juga dimuat di Blog Detik.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s