Ormas = Penyebab Pindah Agama?

Seorang teman yang berprofesi sebagai guru agama bercerita pada saya, kalau anak muridnya ada yang menyatakan akan pindah agama setelah nanti mencapai usia 17 tahun.

Shock? Pasti! Ini hal baru yang saya dengar, dan bukan hanya satu yang berkeinginan seperti itu, melainkan beberapa temannya juga ternyata memiliki niatan yang sama.

Kenapa bisa sampai begitu? Ternyata usut punya usut, anak tersebut menolak konsep bahwa penganut agamanya akan masuk surga, sementara penganut agama lain akan masuk neraka. Oh well… Dan sebagai informasi, anak ini baru duduk di kelas 6 SD.

pic credit: berita8.com

pic credit: berita8.com

Rupanya, anak ini memperhatikan pemberitaan di media yang menampilkan kesangaran ormas-ormas penganut agama tertentu yang kerjaannya demo, menggerebek ini-itu, dan hal yang terlihat negatif lainnya. Belum lagi di belahan dunia lain, berita tentang bom bunuh diri yang membunuh banyak orang tak berdosa.

Menurutnya, apakah orang-orang ini yang lebih pantas masuk surga, padahal mereka telah berbuat buruk. Sementara, penganut agama lain yang cinta damai, akan masuk neraka? Ini tidak bisa diterima akalnya yang tentu saja masih dangkal.

Namun, dari kejadian itu, saya jadi merenung. Memang benar, kita sebagai penganut satu agama, harus fanatik dengan agama kita. Namun alangkah indahnya jika diimbangi dengan perilaku yang mencerminkan keperibadian beragama kita.

Jika generasi muda yang kritis sudah bisa berpikiran sejauh itu, bagaimana kita yang dewasa menyikapinya? Tak perlu menyalahkan siapa pun, tak perlu menuding juga. Kembali saja ke diri masing-masing, bagaimana sebaiknya bersikap sesuai keperibadian beragama kita.

Tak apa memakai atribut ormas, namun alangkah eloknya jika kelakuan pengikutnya pun mencerminkan visi dan misi organisasi. Bukankah dalam setiap agama diajarkan untuk saling menyayangi manusia lainnya? Bukankah menyakiti seorang manusia, berarti menyakiti seluruh umat manusia?

**

Tulisan ini juga dimuat di Blog Detik.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s