Instagram: suka, atau butuh?

Siapa sih yang nggak tahu Instagram? Aplikasi ini banyak diunduh dan digunakan untuk berbagai tujuan. Ada yang posting foto selfie, foto keluarga, foto ramai-ramai sama teman, foto makanan, foto tempat yang dikunjungi, bahkan ada juga yang menggunakannya untuk berjualan. Instagram terbukti efektif untuk berjualan, terbukti dari beberapa kali saya membeli barang yang saya dapatkan dari sana πŸ˜€ (he-he, bukannya ikutan jualan, malah konsumtif. Dasar perempuan!)

Anyway, saya memiliki akun instagram juga lho! Awalnya hanya untuk posting iseng saja, seperti display di perpustakaan tempat saya kerja dengan tujuan agar orang lain bisa terinspirasi *tsaaahh!* **asal muasal saya keranjingan posting IG bisa baca di SINI** Tapi seiring waktu dan dengan makin berkembangnya fungsi Instagram, saya pun berubah haluan.

Belakangan kebanyakan saya posting daun, bunga, dan semua yang berhubungan dengan nature. Ada juga (banyak sih sebenernya) postingan yang campur-campur karena saya mengikuti beberapa Hub (istilah HUB juga taunya di sini, jangan tanya artinya ya) yang memberikan tema harian, atau mingguan. Tantangan ini tujuannya biar kita posting foto paling tidak sehari satu. Tapi kalau Hub yang diikuti banyak, ya bisa posting sampe 5 foto sehari!

Kegiatan saya mengabadikan momen, atau objek, sudah dimaklumi oleh tetangga, teman, kerabat, apalagi keluarga. Kalau melihat saya seperti termenung atau nunduk-nunduk di depan pohon, mereka tahu saya sedang berusaha nge-zoom gambar, bukan nyembah pohon :p Waktu mau foto ilalang ini nih, tetangga saya menawarkan diri untuk mengantar. Meski ujung-ujungnya jadi sesi fotonya doi sih.

Saya banyak menimbun foto untuk dikeluarkan sedikit demi sedikit. Syukur-syukur pas ada tema yang sesuai. Seperti hari ini keluar tema PUBLIC TRANSPORTATION. Saya posting lah foto bis tingkat yang saya ambil bulan lalu. Hehe, makanya tips sukses bermain Instagram dari saya adalah: rajin-rajin menyimpan foto, dan jangan delete foto anda! Suatu hari pasti terposting πŸ˜€

Instagram yang tadinya hanyalah penyaluran hobi fotografi ala-ala professional saja, sekarang menjadi kebutuhan buat saya. Buat pekerja pasti mengalami dong yang namanya stress? Nggak mesti stress yang gimana-gimana gitu. Bisa jadi stress karena kena macet setiap hari, stress karena perjalanan jauh yang setiap hari ditempuh (aka, tua di jalan) atau stress lainnya. Nah, Instagram ini membantu saya melepaskan stress, juga mengalihkan saya dari rutinitas yang membosankan.

Saya akan mengantongi hape saya, berjalan sekeliling lingkungan rumah, menyapa tetangga, minta ijin untuk mengambil gambar bunga atau daun yang ada di halaman mereka. Jadi kenal tetangga juga, kan? Coba-coba zoom objek biar jadi macro (seringnya gagal karena seberapa sih kamera hape bisa nge-zoom?) sambil membayangkan dan mengazzamkan dalam hati kalau suatu hari nanti HARUS PUNYA KAMERA CANGGIH! #KodeBuatPakSuami

Whaaatt?? Demi Instagram beli kamera? Konsumtif lagi deh! Butuh atau mumpung? :p Well, saya memang tidak sedang mencari uang dengan foto-foto saya, saya juga tidak sedang mencoba membuka studio foto, atau apa. Tapi sama seperti hobi baca, ujung-ujungnya bikin review. Serius, kan? Kalau suatu hari review kita masuk ke koran/majalah, dan dibayar untuk itu, namanya rejeki. Begitu pun Instagram, ada lho yang ditawarin menjadi food photographer gara-gara postingannya di IG! Keren, kan?

Mau juga gak? Ya mau lah! Mimpi dulu deh, sambil terus belajar foto cakep. Eh, salah, sambil nabung beli kamera :p

2 thoughts on “Instagram: suka, atau butuh?

  1. Instagram memang menyenangkan, bisa dapat love dr orang2 yg tidak kita kenal. Kalau teman sendiri kan ada kemungkinan terpaksa wkwkkk…. Saya nggak terlalu aktif disana tapi rutin beberapa hari sekali, kebanyakan yg sesuai dg fokus blog saya. Foto keluarga tidak pernah, mungkin ntar kalau dibayar atau ikut lomba heheee….

    Like

Leave a Reply

