Ngeblog Dapet Duit? Go For It!

Ngeblog buat ngisi waktu luang?

Iya.

Ngeblog buat share ilmu atau pengalaman?

Iya juga.

Ngeblog buat curcol?

Iya, he-he.

Trus, emang ada tujuan lain dari ngeblog?

Duluuuu *musik nostalgia* saya ngeblog untuk tiga alasan di atas. TAPI, ternyata ngeblog bisa juga menghasilkan uang! Saya tadinya sempat heran, bagaimana ya cara menghasilkan uang lewat ngeblog? Abis heran, saya melonjak-lonjak. Asik, duit! Duit! Duiiittt! *mata ijo* yes, GO FOR IT!

Banyak cerita sukses yang dishare lewat blog emak kece, termasuk Emak Gaoel neh. Mereka nggak pelit sama ilmu, dan mata saya pun jadi terbuka lebar, bahwa ternyata ngeblog pun bisa mendatangkan rejeki. Waawww.. asooyy!

Tapiiii… setelah saya pelajari dan cermati, ternyata nggak semua yang punya blog bisa beruntung seperti mereka. Hanya mereka yang rajin posting, tulisannya bagus, dan memiliki komitmen tinggi dengan blog mereka lah  yang akan bisa meraih bulan, bintang, dan semua benda-benda langit itu.

Saya? Saya mah apa atuh. Ngeblog aja kadang-kadang. Kadang nggak, kadang males. Sekalinya punya ide, taro di draft, ngeditnya entah kapan. Belum lagi tergantung koneksi internet. Jadinya lengkaplah dunia saya yang gini-gini aja.

Tapi apa iya mau gini-gini aja? Ya nggak lah! Saya juga kan punya mimpi.

DotCom_Logo_OnWhiteMimpi pertama: pingin upgrade blog jadi dot com – dot com gitu deh, biar keren dan gampang diinget. Selain itu, kalau domain berbayar, siapa tau saya jadi tanggung jawab dan rajin ngisi content.

WIFIMimpi kedua: pasang wifi di rumah. Nah, yang ini malah sebentar lagi terwujud! Minggu lalu baru daftar. Yeay! Siap online kapan pun, beibeh!

 

websites-logoMimpi ketiga: merapikan isi blog. Kalau blog isi review buku di Syl’s Reading Corner, trus punya juga yang khusus untuk sok-sok-an penulis tapi terbengkalai di Sylvia L’Namira Official. Hiks…

 

Jadi sekarang fokus di mimpi satu aja dulu deh, baru mimpi ketiga dibenerin. Orang bermimpi juga harus punya ukuran, kan? :p

Tapi kalau soal aplikasi buat ngeblog, saya mah termasuk canggih lah *songong*. Beberapa aplikasi memang saya install khusus buat urusan ngeblog. Ini nih yang saya pakai:

Aplikasi Bacaan

Ebook Reader

iBook-iconPada dasarnya saya suka baca buku yang bentuk fisiknya bu-ku! Dengan jumlah halaman yang bisa dibuka-buka, yang kalau belum selesai disematin bookmark, yang kalau baru beli masih harum. Tapi kalau nemu ebook yang bagus dan GRATIS, why not?

Wattpad

wattpad_logoKalo ini aplikasi buat baca cerita dari penulis yang memang mendedikasikan diri untuk komunitas wattpad. Tulisan mereka ada juga lho yang sudah diterbitkan, dan bagus-bagus!

 

Goodreads

goodreadsIni pas buat  yang bingung mau baca buku apa. Cari rekomendasinya aja di sini. Saya mah pengguna setia aplikasi yang satu ini. Soalnya kalau baca bawaannya pingin update status aja, sekalian buat manas-manasin teman kalau belum punya buku yg sedang saya baca 😀 *saya mah gitu!*

 

Aplikasi Menulis

Bloger for Android

blogger-1Ini wajib nih, karena saya kan punya dua blog di blogspot, nah aplikasi ini membantu saya untuk menulis, menyimpan draft, juga publish. Memang untuk edit gitu rada ribet. Tapi lumayan lah!

 

WordPress

wordpress-logo-1Nah, ini kudu ada di smartphone saya juga. Sebab selain blogger, saya juga pakai wordpress. Menyetujui dan menjawab komentar juga mudah banget pakai aplikasi ini. Pokoknya sip lah!

 

Selain dua aplikasi untuk menulis di atas, saya juga pakai Polaris Office dan Notes di smartphone untuk memudahkan dalam menyimpan draft dan ide tulisan.

 

Aplikasi Edit Foto

FotoRus

FotoRus-Online-for-PCAplikasi ini semacam wajib ada di smartphone saya. Crop, edit filter, tambah stiker, text, bikin collage, semua bisa!

 

Snapseed

snapseedIni aplikasi yang asik juga buat edit foto. Gampang pula penggunaannya. Mau edit brightness, warm, saturation, contrast, semua itu hanya dijalankan dengan satu jari aja. Geser kiri, atau geser kanan. Easy!

Color Effect

coloreffectIni cucok buat yang suka bereksperimen dengan warna. Tau kan colorsplash? Nah, pakainya ini! Mau ganti warna bunga dari merah ke biru juga bisa! Tinggal ngulik aja, jadi!

 

Aplikasi Browsing dan Aplikasi Sosial Media

Untuk browsing saya pakainya macem-macem, kadang Chrome, kadang Safari, tergantung sedang pakai smartphone yang mana. Dan untuk tebar link sekaligus promo tulisan, saya pakai Twitter, Facebook, Path, juga Instagram.

Jadi, dengan sekian banyak aplikasi yang saya gunakan, menulis jadi lebih gampang buat saya. Maka dari itu, kalau tiga mimpi di atas berhasil saya laksanakan, semoga saya bisa meniru jejak langkah emak-emak kece yang sering kecipratan job di blog mereka. Aamiin. 😀

***

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Blog Go For It dari blognya Emak Gaoel.

Go For It Blog Competition

Leave a Reply

