Cerpen Anak di Kompas Anak: Daun Singkong Kakek

Assalamu’alaikum,

Hari ini saya mau berbagi kabar gembira. Sebenarnya sudah agak telat sih, tapi nggak apa ya, dari pada nggak πŸ˜€

Jadi hari Minggu kemarin, tanggal 29 November 2015, cerpen anak saya nongol alias tayang di Kompas Anak. Judulnya Daun Singkong Kakek.

DaunSingkongKakek

Ceritanya tentang seorang anak kota, yang pergi berlibur ke desa, ke rumah kakek dan neneknya. Di sana dia melihat 5 anak kampung yang mengambili daun singkong kakeknya. Dia pun mengejar mereka, dan saat mengetahui untuk apa daun-daun tersebut digunakan, anak kota itu menjadi takjub.

Awalnya, cerpen anak ini saya buat dengan bimbingan seorang penulis senior di Komunitas Penulis Bacaan Anak, dengan tujuan ikut seleksi proyek antologi yang diadakan KPBA. Namun sayangnya, cerita ini nggak lolos. Lalu mbak Dian Kristiani, sang mentor, menyarankan saya untuk mengirimkan cerpen ini ke Kompas. Saya tadinya nggak pede. Tapi setelah dibilang kalau cerpen ini pantas terbit, saya pun nekat dan mengirimkannya.

Setahun kemudian…

Yap, cerpen anak ini saya kirimkan tepatnya bulan September 2014! He-he lama ya? Tapi karena saya pakai jurus kirim-lupakan, jadinya saya enjoy aja. Saya pun terus mengirimkan resensi buku anak ke Kompas, dan alhamdulillah beberapa sudah tayang. Bisa dilihat di kategori Works.

Jika ingin juga mengirimkan karya ke Kompas Anak, berikut persyaratannya:

1. Karangan (cerpen atau dongeng) harus asli dan belum pernah diterbitkan
2. Panjang karangan 3-4 halaman, diketik dua spasi

Ada imbalannya lho, dan saya menerimanya dua hari setelah tayang.

Ayo dicoba πŸ™‚

2 thoughts on “Cerpen Anak di Kompas Anak: Daun Singkong Kakek

Leave a Reply

