Festival Pembaca Indonesia 2015

Assalamu’alaikum.

Festival Pembaca Indonesia, atau dalam bahasa kerennya Indonesian Readers Festival (IRF) 2015 adalah kegiatan tahunan yang diadakan komunitas pembaca Goodreads Indonesia.

IMG_6957

Kegiatannya semua berhubungan dengan hobi pembaca: talkshow, workshop, book swap atau tuker-tukeran buku, pameran koleksi bacaan pribadi dan komunitas pembaca, games buku, bioskop buku, dan lain sebagainya.

Untuk yang membawa anak pun tidak perlu khawatir anaknya bosan, karena panitia selalu menyediakan pojok anak, dimana anak-anak dapat menggambar, mewarnai, dan kegiatan lainnya. Seru? Pasti!

IMG_6959Tahun ini saya berkesempatan pergi ke IRF yang diadakan di gedung Tower 2, Synthesis Square, Jl. Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Asiknya acara IRF ini, tempatnya pindah-pindah, jadi bagi wong ndeso seperti saya yang buta Jakarta, jadi tahu tempat-tempat yang dikunjungi orang Jakarta. Abdi teh keder kalo nggak dianterin :p

Setelah menyapa teman-teman yang selalu dan akan terus semangat menyelenggarakan acara ini, saya pun duduk sebentar mendengarkan bedah buku Go Set a Watchman, novelnya Harper Lee yang lagi happening itu.

IMG_6960Kemudian saya berkeliling, dan melihat pameran bacaan para pembaca dan komunitas pembaca. Di salah satu pojok, saya melihat foto-foto lama, dan WOW ada foto sayah! *jepret!* Saya pun menuliskan kesan-pesan untuk ditempel di tembok kenangan. Semoga bisa menjadi penyemangat panitia untuk terus mengadakan acara ini setiap tahunnya.

IMG_6962Di buku program acara, saya lihat di saat yang sama sedang berlangsung workshop kepenulisan dari Writing Club Femina di lantai atas. Tanpa membuang waktu saya pun meluncur ke atas. Meski sudah agak telat, tapi saya mendapatkan banyak ilmu dari penulis-penulis Femina.Tidak ada kata terlambat untuk belajar, bukan? Dan untungnya meski saya tidak mendaftar sebelumnya, saya tetap diperbolehkan masuk. *hepi*

Di workshop itu, peserta diajak untuk share ide dan 5 ide terbaik mendapat lipstik (saya gak dapet, fyi!), tanya jawab mengenai kepenulisan, dan lain sebagainya. Semua penulis (terutama yang pemula seperti saya) pasti tahu, tembus majalah Femina tuh nggak gampang. Makanya dapet banyak tips dari penulis dan editor Femina tuh sesuatu banget!

IMG_6961

Sepulang dari workshop, peserta mendapat goodie bag. *yeay! gretongan!* Isinya: majalah, buku resep, shampoo dan hairspray. Lumayan banget kaaannn? Saya pulang membawa buah tangan DAN ide menulis. #Woo-Hoo!

IMG_6956Seru kan acara IRF nya Goodreads Indonesia? Kalau belum pernah datang dan ingin hadir, jangan takut, insya Allah tahun depan ada lagi kok. Biasanya di bulan Desember karena sekalian merayakan anniversary Goodreads Indonesia.

Stay tuned and Don’t miss it again next year!

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s