Film Korea: Unforgettable (Pure Love)

Unforgettable_(Korean_Movie)-p2Assalamu’alaikum.

Kisah persahabatan memang selalu bisa diangkat menjadi cerita yang enak untuk diikuti. Sebutlah Laskar Pelangi, Petualangan Sherina, Joshua oh Joshua *ih jadul bener ya pilihan filmnya?* semua asik untuk dinikmati, kan? Pada masanya, tentu saja 😀

Kali ini saya akan mereview film Korea: Unforgettable. Bukan drama ya, tapi movie. Kisahnya dimulai dari seorang penyiar radio yang tentu saja sedang siaran. Penyiar ini biasanya tidak pernah siaran mengikuti script yang ditulis oleh script writernya. Setelah mendapat teguran, akhirnya malam itu dia siaran dengan membacakan script sesuai yang ditulis. Kata-per-kata.

Saat membacakan surat dari pendengar, penyiar tersebut mendapat pesan dari seseorang yang memiliki nama yang sama dengan teman masa kecilnya. Selembar surat itu membawanya ke kenangan masa lalunya. Tentang persahabatannya dengan 4 anak seusianya: San-Dol (pelari maraton), Gae-Duk (anak nelayan), Gil-Ja (gadis blak-blakan), Soo-Ok (gadis pendiam dan manis) dan dirinya, Beum-Sil. Mereka berlima adalah sahabat yang tinggal di sebuah pulau kecil.

unfrEmpat dari mereka bersekolah di luar pulau, meninggalkan Soo-Ok di desa. Saat itu, sedang liburan sekolah. Mereka pulang bersama naik kapal, dan Soo-Ok menunggu mereka di pinggir dermaga. Ke empat sahabat Soo-Ok sangat menyayanginya, terutama Beum-Sil yang memiliki perasaan khusus terhadapnya. Setiap Soo-Ok mau kemana-mana, Beum-Sil akan menggendongnya.

Hal itu membuat Soo-Ok merasa tidak enak, karena dia selalu merepotkan sahabat-sahabatnya. Padahal sahabatnya tidak ada yang berkeberatan! Bahkan Gil-Ja pun ikut menggendongnya, bergantian dengan Beum-Sil. Hal tersebut karena Soo-Ok memiliki kekurangan. Kakinya cacat, mengakibatkan Soo-Ok harus terseok-seok jika berjalan.

Soo-Ok adalah gadis yang memiliki banyak impian. Jika memungkinkan, sahabat-sahabatnya ingin sekali mewujudkannya, termasuk saat Soo-Ok ingin ke pulau yang ada di seberang pulau mereka. Menurut legenda, permintaan yang diucapkan di sana akan dikabulkan. Gae-Duk pun meminjam kapal milik orang tuanya tanpa ijin, dan tanpa peduli jika nanti mendapat masalah, mereka berlayar ke pulau tersebut.

Alur ceritanya maju-mundur cantik macam joged dangdud, antara kehidupan masa kecil Beum-Sil dan masa sekarang saat dia di studio radio. Acara On Air itu pun menjadi penuh emosional ketika Beum-Sil teringat masa lalunya bersama sahabatnya, janji mereka untuk kembali bertemu saat usia mereka 40 tahun, dan ternyata sahabat-sahabatnya yang lain juga mendengarkan acara on air tersebut.

unfo

Lagu-lagu yang diputar jadul banget! Ya iyalah, secara settingnya tahun 90-an 😀 Lagu kenangan mereka Dust in the Wind yang dinyanyikan Kansas langsung bikin saya berdendang dong! Trus lagu A-Ha yang tenar saat itu Take On Me, bikin saya ikut goyang dikit. Ha-ha ketauan deh angkatan berapa :p

Film yang berdurasi kurang dari 1 jam setengah ini, berhasil menguras emosi di akhir-akhir cerita. Apalagi saat Beum-Sil sesenggukan di ruang siaran, ketika mendengarkan lagu terakhir sebagai penutup siaran malam itu. Oh, merinding!

Saya jarang suka film Korea, tapi yang ini saya suka! 🙂

Advertisements

2 thoughts on “Film Korea: Unforgettable (Pure Love)

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s