Bahagia Di Tanggal Tua

Ini adalah sebuah acara Kompetisi Blogger ShopCoupons X MatahariMall. Yang diselenggarakan oleh ShopCoupons. voucher mataharimall dan hadiah disponsori oleh MatahariMall.

mataharimall-kompetisi

Assalamu’alaikum.

s

pic credit: ooyuz.com

Saya mau tanya dong, siapa yang tidak pernah mengalami tanggal tua? Semua pasti pernah deh! Mulai dari karyawan kantoran, ibu rumah tangga, bahkan anak sekolah pun terkena imbas tanggal tua. Sebagai ibu bekerja yang pastinya juga ibu rumah tangga, saya sudah khatam sama yang namanya tanggal tua. Beuh! Bagaimana tidak? Setiap gajian, uang hanya sekedar numpang lewat saja. Rekening di bank sudah seperti rekening misi jadinya. Bukan misi keagamaan atau misi sosial, melainkan misiii… numpang lewat! *ngenes*

Nonton video tentang Budi si anak kost di bawah ini, bikin saya pingin toss sama dia. Kisahnya itu, saya banget! Hahaha! Pengalamannya ini kurang lebih sama dengan pengalaman anak kost lainnya. Dan kegalauan Budi pasti juga dialami emak-emak yang sedang dirundung tanggal tua. Nih, coba deh tonton videonya. Kocak, dijamin langsung ngena deh.

Bayangin saja, setiap sudah masuk ke minggu ketiga tiap bulannya, pasti adaaaa saja yang habis. Susu anak lah! Deterjen lah! Shampoo lah! *toss Bud!* Semprotan nyamuk lah! Belum lagi beras, gas, galon air minum. Tambah lagi genteng bocor, talang air rembes, pulsa listrik habis. Belum selesai, masih ada lagi: anak-anak mesti beli keperluan sekolah, foto copy, print di luar karena tinta printer di rumah habis. Pokoknya cobaan tiada henti lah! Kudu banyak nyetok sabaaarrrr.. Kalo MatahariMall jualan sabar, saya udah pasti beli banyak tuh, mumpung bebas ongkir belanja di sana.

Lalu, gimana dong ngakalin tanggal tua biar tetap hepi dan semangat menanti gajian? Tentunya dengan pintar-pintar memilih produk diskonan sesuai kebutuhan. Ingat ya, SESUAI KEBUTUHAN. Karena kecenderungan orang di tanggal tua adalah belanja sesuatu yang tidak diperlukannya, hanya karena bahagia masih nemu selipan uang di pojokan dompet. Ingat, itu uang bukan rejeki nomplok, melainkan tersimpan di sana karena satu sebab yang nantinya pasti akan digunakan untuk hal yang sangat penting. Jadi jangan foya-foya dulu, ingat-ingat apakah beras masih ada? Kalau ada beras, apakah ada lauknya? Ya kali makan beras doang :p

Pic credit: belanjakeren.com

Pic credit: belanjakeren.com

Nah, tips belanja paling ampuh di tanggal tua adalah:

  1. Catat apa saja yang harus dibeli. Pilih benda yang benar-benar urgent untuk dimiliki. Kalau masih bisa nunggu gajian, berarti belum urgent.
  2. Makan yang kenyang dulu sebelum belanja, karena perut lapar mempengaruhi kewarasan seseorang.
  3. Tegas pada diri sendiri untuk membeli yang di catatan saja. Kalau perlu ajak orang lain sebagai ‘polisi’.
  4. Beli barang yang menyediakan hadiah langsung, misal deterjen berhadiah sabun colek, atau sabun cuci piring berhadiah spons. Lumayan kan? Jangan tergantung sama satu merk. Apa pun judul deterjen, isinya sama!
  5. Selesai belanja, langsung pulang! Jangan toleh kiri-kanan lagi. P U L A N G !
  6. Sampai di rumah, tepuk pundak anda dan berikan selamat karena sudah berhasil melalui hari yang berat.

Enam langkah ini bisa menyelamatkan dunia perekonomian rumah tangga jika dijalankan dengan ketat dan disiplin. Namun ada satu cara lagi yang bisa membuat kita hemat dalam berbelanja, yaitu dengan belanja online. Kenapa hemat?

  1. Belanja online menyediakan berbagai pilihan barang dengan harga yang bersaing. Diskon bertebaran di pasar online.
  2. Tidak tergiur dengan jajanan pinggir jalan, karena semua bisa dilakukan di rumah. Kalau laper, ya masak!
  3. Tidak perlu bayar ojek atau naik taksi, tinggal tunggu di rumah sambil duduk manis, belanjaan diantar ke rumah. Enggak perlu panas-panasan juga, kan? Jadi mengurangi biaya nyalon.

Kejadian yang dialami Budi di atas, bisa dijadikan pelajaran loh buat kita! Namanya anak kost, pasti harus bertahan hidup dengan cara apa pun. Nah, masa kita sebagai ibu rumah tangga yang notabene keperluannya lebih banyak nggak bisa secerdas Budi? Hellooowww…? Ayo lah jadi emak-emak yang pintar 🙂

Advertisements

4 thoughts on “Bahagia Di Tanggal Tua

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s