Drama Korea: My Lawyer, Mr. Jo

My-Lawyer-Mr-JoAssalamu’alaikum.

Drama korea yang satu ini versi judulnya lumayan banyak juga: My lawyer, Mr. Jo; Neighborhood lawyer Jo Deul Ho; The Neighbourhood Attorney Jo Deul Ho, dan mungkin ada lagi versi lainnya. Dan sesuai judulnya, drama ini memang tentang dunia pengacara.

Jo Deul-Ho awalnya adalah seorang jaksa penuntut. Namun karena sebuah kasus yang ditanganinya menyangkut seorang pejabat kakap, dia pun dikorbankan untuk menyelamatkan sang pejabat. Karenanya, karirnya yang gemilang di kejaksaan hancur, keluarganya hancur, istri minta cerai dan membawa anak satu-satunya mereka keluar negeri saat istrinya menuntut ilmu lagi.

jo2Selama tiga tahun, Deul-Ho yang tidak lagi bekerja menjadi gembel. Hidup dijalanan, makan dari tempat persinggahan para gembel, dan tidur di pinggir jalan. Rambut gondrong, baju lapis-lapis, muka dekil, kerjanya minum-minum, kasian banget dah! Tapi sempet heran aja, kalo makan aja minta ke tempat persinggahan, kok masih punya uang buat beli minum? **Abaikan!** Hingga suatu hari dua orang gembel mengenalinya sebagai seorang jaksa dan meminta bantuannya. Karena diganggu terus menerus, akhirnya Deul-Ho pun membantu mereka dan berhasil.

Titik balik kehidupannya kembali saat dia melihat pejabat yang sama masuk TV dengan kasus lain. Deul-Ho tak ingin pejabat tersebut kembali menang seperti dulu, dan memutuskan untuk menjadi pengacara korban yang sebenarnya sudah diwakili oleh pengacara dari kantor hukum terbesar Geum San. Dia pun mengubah penampilannya, dan kembali masuk ke pengadilan. Deul-Ho berhasil memenangkan kasus tersebut bahkan menyatukan kembali keluarga yang sudah lama terpisah.

Deul-Ho menemukan alasan untuk bangkit, yakni pejabat korup tersebut. Dia ingin membuktikan kebusukannya, selain karena dendam dirinya kena fitnah 3 tahun yang lalu. Kehidupan barunya menjadi pengacara pun dimulai, dengan mengandalkan kenalannya yang berprofesi sebagai rentenir, Deul-Ho meminjam tempatnya sebagai tempat praktek. Dia pun menjadi pengacara publik.

jo

Sementara itu, seorang pengacara muda, Ms. Lee, merasa tidak menemukan panggilan jiwanya bekerja di Geum San, karena yang dibela oleh firma hukumnya hanya perusahaan besar saja. Sementara idealismenya sebagai pengacara adalah membantu semua pihak, termasuk yang lemah. Dia pun keluar dari Geum San dan bergabung dengan Deul-Ho.

Dibantu rentenir, dan penyelidiknya, mereka bersama-sama menangani kasus, mulai dari menyamar, mencari informasi, dan mengumpulkan saksi dan bukti, banyak kasus yang ditangani mereka berhasil menang. Hingga akhirnya kasus terbesar pun harus dihadapi Deul-Ho, yakni kasus yang dulu menjadi penyebab hancurnya karir dan keluarganya. Kasus yang memisahkannya dengan anak kesayangannya. Kasus yang akhirnya menimpa banyak pejabat negeri, termasuk atasan dan mantan mertuanya. Deul-Ho harus memutuskan, apakah dia mengambil kasus ini, atau membiarkan mantan istrinya terjebak permainan politik pejabat-pejabat tersebut.

Drama ini seru banget! Dan saya ingatkan ya, untuk yang suka drama dengan bumbu cup-a-cup, di sini gak ada  s a m a  s e k a l i. Drama ini murni tentang pengacara, jaksa, dan kehidupan mereka di depan dan di luar meja hijau. But let me tell you this: drama ini jauh dari boring.

jo1Selain pemeran utama, pemeran tambahannya juga seru buat diikuti, seperti rentenir dan penyelidik yang bekerja untuk Deul-Ho. Mereka selalu siap bertugas, dan dapat melakukan tugas apapun. Lalu anak kesayangan Deul-Ho yang manis dan cute itu, termasuk dewasa untuk seumurannya, karena sangat mengerti pekerjaan ayahnya dan memang bangga memiliki ayah yang hebat. Baginya, ayahnya adalah superman. Dan itu juga yang membuat Deul-Ho semangat membantu banyak orang yang terjerat kasus hukum.

Drama ini worth to watch banget. Banyak juga yang merekomendasikan, jadi nggak bakal nyesel deh.

Soundtracknya enak didengar, tapi bagi saya kurang menarik hati untuk dikoleksi. Hehehe. Tapi kalau mau dengar, bisa di playlist.com. Bisa download juga loh! Enjoy the drama!

 

Advertisements

One thought on “Drama Korea: My Lawyer, Mr. Jo

  1. Pingback: Drama Korea: I Can Hear Your Voice | Melakoni Hidup

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s