Data Hilang? No More Lah Yaw!

pic.credit: technoducation.com

pic.credit: technoducation.com

Assalamu’alaikum.

Belakangan ini saya lagi parno abis sama yang namanya kehilangan data. Mau sudah disimpan di flashdisk, external hard disk, burn di CD, tetap saja yang namanya virus bisa menyerang kapan saja dan di mana saja. Istilahnya, apapun wadah penyimpanan datanya, virus sudah bisa dipastikan mengintai dari belakang. Gak tau belakang mana :p

Atau gak  cuma karena virus! Pengalaman ext.hard disk yang nge-crash dan menghilangkan data saya dulu membawa trauma berat bagi saya. Bayangin aja, drama Korea yang hampir memenuhi ext.HD sebesar 320GB lenyap begitu saja. Padahal belum semua ditonton…! **nangis bombay** Trus, untuk ngambil datanya, kalau berhasil disuruh bayar 400ribu. Padahal untuk beli ext.HD yang baru, tinggal nambah dikit dapet yang 500GB. Akhirnya ya sudah lah, ikhlaskan saja itu ext.HD soak. Untuk masalah drama Korea, terselesaikan dengan berlangganan TV kabel. (Kenapa dinamain TV Kable ya? Kan TV biasa juga sudah pakai kabel).

google-driveAnyway, setelah menjadi pemakai Gmail selama bertahun-tahun, saya baru sadar bahwa Google menyediakan jasa lebih dari sekadar email. Dan saya memang sudah lama dengar soal Google Drive. Bahwa ini adalah fasilitas penyimpanan data, gratis, dan disediakan ruang sebesar 15GB. Kalau mau lebih besar, tentu saja harus membayar. Ya itung-itung data kita nge-kost gitu lah di Google.

Saya pun mencoba menyimpan beberapa data saya di sana, dan ternyata bisa dishare sama akun lain! Wah.. ini luar biasa. Maka dengan semangat saya ngajarin asisten saya untuk menyimpan datanya di Google Drive juga. Soalnya pertama, dia pernah juga kehilangan data (baca: drama Korea) dari komputernya karena nge-crash. Kedua, dia kan asisten saya, masa gaptek? Malu dong sebagai induk :p

Dengan semangat 45, saya masukin semua data di komputer kantor ke Google Drive. Kenapa saya parno? Karena data base library pernah gak bisa dibuka karena error berat dan penyebab utamanya adalah listrik di kantor suka ajojing. Euuhhh…! Mo marah gak? Semua data peminjaman buku HILANG! GONE! PUFF! BYE. SAYONARA. ADIOS… Dan saya mesti input data dari awal. Belum lagi ebook yang saya belum sempat simpan, gak bisa diambil *nangis* kan biar gratisan, ebook nyarinya pake usaha juga, cuy!

Lalu, di suatu malam yang penuh dengan inspirasi, saya lagi iseng buka AppStore dan nemu yang namanya Google Photos. Eaaa..! Belum pernah denger nih kalu yang ini. Apa ya iniii..? Ternyata sodara-sodara, usut punya usut, Google Photos ini men-syncronize foto dan video yang ada di HP kita, ke kost-kostan kita di Google! Wah pas banget nih inspirasi datang di saat yang tepat. Saat itu memang saya lagi kelimpungan nyari cara buat nge-back up foto dan video di HP tanpa harus colok ke iTunes.

google-photos-logoHP saya yang merk buah-buahan ini memang keberatan nama aja, soalnya saya lagi apes dapat yang gak bisa wifi. Coba bayangin, tiap bulan bayar TV kabel, tapi HP gak bisa wifi. Kurang waras apa lagi, coba? Trus untuk nyimpen foto dan video yang ada di HP buah itu ke iCloud, kudu nyalain wifi. Lah, saya pegimana jadinya iniii? Foto udah ratusan, video juga udah mulai bikin lemot. Memang, bisa ngambil pakai iTunes, tapi harus nyiapin waktu khusus kan kalau mau back-up data pakai komputer.  Untunglah dapet petunjuk di saat genting.

Dengan semangat 456 (tadi 45 kan udah) saya sync-in lah tu foto dan video ke Google Photos. Ternyata gak sebentar ya cyin… Semaleman! Mungkin karena koleksi foto dan video saya udah banyak banget. Dan paginya belum selesai karena untuk video membutuhkan waktu yang lebih lama. Belum selesai, dapet sms kalau kuota data saya udah menipis. Euugghh…! Memang sync foto dan video ini sebaiknya dilakukan dengan wifi supaya nggak ngejebol kantong. Cuma, ini satu-satunya solusi buat saya (saat ini) yang HPnya gak bisa wifi.

Saya coba buka di komputer, dan ada…! Foto dan video tersimpan rapiiii bahkan foto yang kalau dilihat di album HP gak ada, nongol di situ. Sepertinya, si Google Photos ini mengambil foto dan video gak cuma dari album, melainkan juga dari tempat-tempat lain di HP yang kita sendiri gak bakal nemu. Dan serunya, Google Photos otomatis membuatkan animasi dari foto-foto kita! Bisa disave dan share ke sosmed kalau mau. Lucu deh!

Kesimpulannya, saya happy. Meski kuota data dan batre ndut-ndutan, yang penting data, foto, dan video yang ada di HP saya bisa saya simpan dengan aman. Kalau nanti di masa mendatang ternyata saya membutuhkan space lebih besar, sepertinya saya tidak akan ragu untuk membeli ruang itu. Karena bagaimana pun, memori yang tertangkap kamera adalah sesuatu yang sangat berharga.

2 thoughts on “Data Hilang? No More Lah Yaw!

Leave a Reply

