Drama Korea: Moon Lovers Scarlet Heart Ryeo

moonAssalamu’alaikum.

Awal mau nonton ini baca sinopsis dulu, dan sempat bingung. Tapi ternyata memang sinopsis itu yang buat kan sudah nonton sampai akhir, yes? Makanya buat yang belum nonton seperti saya, sempat menyalahkan sinopsis. Hehe saya emang sok tau.

Anyway, adegan dimulai dengan seorang gadis yang habis berlari dikejar-kejar entah apa, trus end up di pinggir sebuah danau gitu, trus curcol sama gembel, dan nyemplung ke danau untuk menyelamatkan seorang anak yang tercebur. Tiba-tiba, muncul gerhana matahari, dan dia pun nongol di sebuah tempat pemandian khusus para pangeran yang di saat bersamaan sedang kumpul untuk mandi. WOW!

Gadis ini ternyata masuk ke tubuh seorang sepupu istri salah satu dari pangeran tersebut, yakni pangeran ke 8. Terus terang ya, waktu masing-masing pangeran dikenalin, saya sempat panik. Ya ampun, mesti nginget status pangeran. Ini yang ke berapa, yang itu nomor berapa. Mendadak migren. Tapi tenang… ternyata meski ada pangeran ke 14, gak semua pangeran dari 1-13 ada semua. Jadi cuma beberapa saja. Aman!

moon2Nah, gadis yang masuk ke tubuh si sepupu ini, Go Ha-Jin, dipanggil Hae-Soo. Tentu saja dia kaget karena berada di era yang sangat berbeda. Yakni di jaman Dinasti Goryeo. Jaman mana lagi yang ada pangeran-pangerannya, kan? Dia dianggap hilang ingatan karena sempat tidak keluar dari air selama dua jam. Perilakunya yang aneh jadi dimaklumi banyak orang, karena hilang ingatannya itu. Ha-Jin pun menjadi Hae-Soo.

Di istana, Hae-Soo adalah sepupu dari istri pangeran ke 8, yang diam-diam menaruh hati pada Hae-Soo. Karena gadis ini sangat berbeda dengan Hae-Soo sebelum hilang ingatan: dia ceria, dan berani. Bahkan dalam satu kesempatan, Hae-Soo membantu pangeran ke 14 yang dikejar ke hutan, dengan merangsak menyerbu hanya dengan bersenjatakan ranting menantang para penjahat. Padahal Pangeran 14 ini jago  banget berantemnya. Hae-Soo memang begitu. Dia sangat setia kawan. Keren!

Pangeran 8, Wook, mulai sering memandang-mandang Hae-Soo, dan singkat cerita mereka pun jatuh cinta. Setelah istrinya meninggal, Wook berencana menikahi Hae-Soo. Tapi ada aja yang menghalangi. Nah, disinilah saya merasa ditipu oleh sinopsis tadi. Kok dibilangnya Hae-Soo jatuh cintanya sama pangeran 4? Kenapa ini sama pangeran 8? Hehehe. Namanya juga gak sabaran, yes? Mari dilanjut.

Drama sejarah memang selalu dibumbui dengan kisah perebutan kekuasaan, tahta, dan wanita. Pembunuhan antar saudara pun menjadi wajar, demi mempertahankan tahta yang ada dalam genggaman. Drama ini pun demikian. Namun tenang, buat yang nggak suka adegan berdarah-darah, drama ini gak melulu tentang itu kok. Ada juga romancenya. Dan di sinilah muncul pangeran ke 4. Jeng-jeng! Yang ternyata adalah tokoh utama dari drama Scarlet Heart ini.

moon1Hae-Soo yang berusaha mengingat-ingat pelajaran sejarah di sekolahnya dulu, berusaha menebak-nebak. Siapa nih dari pangeran-pangeran ini yang akan menjadi raja selanjutnya. Dan saat pangeran 4 memimpin upacara minta hujan, Hae-Soo seperti melihat penampakan, bahwa pangeran 4 lah yang akan menjadi raja. Dalam sejarah yang dia ingat, raja ini sangat jahat, dan sering membunuh. Dia pun memperingatkan pangeran 8 yang saat itu masih jadi pacar gelapnya, untuk menghindari pangeran 4. Padahal pangeran 8 pingin juga jadi raja. Nah, udah mulai pusing? Jangan dulu!

Interaksi Hae-Soo dengan pangeran 4 makin intensif karena Hae-Soo sering main ke istana. Dan lambat laun, pangeran 4 mulai memperhatikannya, bahkan mengaku-ngaku kalau Hae-Soo adalah “miliknya”. Hae-Soo yang awalnya takut sama si pangeran 4, saat melihat pangeran 8 berubah (lebih fokus menjadi raja dan sifat jahatnya keluar) mulai membuka diri ke pangeran 4, bahkan membantunya menutup codet di wajahnya yang selalu ditutupi dengan topeng, dengan menggunakan kosmetik buatannya sendiri.

Singkat cerita, Hae-Soo pun jatuh cinta sama pangeran 4, tapi dalam hatinya masih tidak percaya akan niat baik pangeran 4, sehingga beberapa kali Hae-Soo berbohong yang dia pikir akan menyelamatkan pangeran lain, ternyata malah membunuh pangeran 10 saat berusaha kabur. Pokoknya, Hae-Soo masih belum yakin kalau pangeran 4 ini ternyata punya hati yang tulus, karena julukannya wolf-dog yang senang membunuh orang.

Hae-Soo sudah tenang saat pangeran 3 menjadi raja, dan pangeran 4 dikirim ke kota lain untuk membuat istana di ibu kota baru. Baginya pangeran 4 sudah cukup. Tapi ternyata, pangeran 4 memiliki keinginan menjadi raja juga! Tapi niatnya adalah untuk menghentikan pembunuhan yang terjadi antar saudara. Hae-Soo awalnya menentang, tapi karena tujuan mulia tersebut, dia pun berniat membantunya untuk tidak dikenang sebagai raja yang sadis.

moon-loversBisakah Hae-Soo mengubah pangeran 4 yang nantinya dikenal sebagai raja berdarah dingin, menjadi raja yang dicintai rakyatnya? Bukan hal mudah loh mengubah sejarah, tapi namanya juga drama, apa pun bisa terjadi. Cuma saja, endingnya… hiks! Saya bisa terima loh ending seperti di film W. Beneran! Tapi ya memang menyentuh banget kalimat terakhir si raja ini tentang Soo **gak mo spoiler ah** Pokoknya njleb banget! Bahkan adegan awal kenapa si Hae-Soo di dunia modern lari-lari, dikejar apa, dan latar belakang dia yang nggak jelas itu pun saya maafkan karena si pangeran 4. He-he.

Ayo lah nonton. Gak semua drama sejarah itu membosankan kok. Malah banyak faktor kejutannya 😀

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s