Drama Korea: Goblin

goblin-korean-drama-ratings

Assalamualaikum,

Goblin alias siluman ganteng ini memang menyedot perhatian saya. Betapa tidak, tadinya yang mau nonton akang Min Ho, malah jadi ngebut ngejar Goblin. Dan saya nggak menyesal! Drama ini bagus pake banget… Yaelaahh kayaknya semua drama yang saya review di sini bagus semua ya? Itu bisa jadi karena dua hal. Pertama: karena memang drama Korea bagus semua. Kedua: karena memang saya milih-milih nonton yang bagus aja, supaya nggak wasting time. Sepertinya alasan kedua deh. Soalnya nggak semua drama Korea bagus kok. Selera sih…

gobAnyway, kisah Goblin ini maju-mundur ke masa lalu saat Kim Shin masih menjadi warrior di jaman kerajaan. Tapi jangan diskip, karena justru background storynya ada di situ. Soalnya ada kan yang nggak suka setting jaman kerajaan. Gak banyak kok flash backnya, hanya cukup untuk memberi penonton gambaran cerita. Dan memang, banyak adegan diulang-ulang gitu, sehingga mungkin akan sedikit boring, tapi saya mah seneng-seneng aja, wong yang diulang-ulang juga mukanya enak buat dilihat, hie-hie-hieee. 😀

Jadi, kapan nih mo cerita tentang Goblinnya? Sekarang nih, iyaaa.. sekarang! >>hati-hati ya ada spoiler dikiitttt<<

Alkisah ada seorang warrior yang selalu menang dalam peperangan. Dia berpikir memang sudah tugasnya untuk menjaga raja dan kerajaan, sebagaimana dipesankan oleh raja terdahulu agar dia menikahkan adiknya dengan raja yang akan datang, dan melindungi kerajaan ini dengan jiwa dan raganya. Sang warrior, Kim Shin, tentu saja menyanggupi, permintaan raja gitu loh!

Sayangnya, setelah raja meninggal, adiknya yang menggantikan masih terlalu muda. Dan dia pun selalu dihasut oleh penasehat kerajaan yang berambisi ingin menguasai kerajaan melalui raja boneka binaannya. Hingga suatu hari Kim Shin diberi pedang oleh raja muda ini, Wang Yeo, untuk pergi berperang. Namun dengan pesan sponsor: dia harus mengabarkan kematiannya. Dan tidak boleh kembali lagi ke kerajaan. Kim Shin menolak dengan mengatakan bahwa adiknya dan keluarganya semua ada di sini, tapi si raja muda yang iri hati dengan ketenaran Kim Shin yang melebihi dirinya itu, tetap menyuruhnya pergi dan jangan kembali.

goblTentu saja Kim Shin pergi dan kembali dengan selamat. Dia disambut oleh rakyat dan dielu-elukan. Namun begitu sampai di pintu istana, dia ditangkap dengan alasan pemberontakan. Kim Shin dan keluarganya dibantai habis-habisan berikut prajurit setia yang menemaninya berperang. Semua.. mati! Kim Shin diberi kehidupan abadi oleh dewa, dan harus menunggu hingga pengantinnya datang guna mencabut pedang yang tertancap di dadanya.

Nah, itu background storynya. Lalu scene ke masa kini. Kim Shin yang memiliki kekuatan siluman, bisa menghidupkan orang yang mati, dengan catatan orang itu saat hampir menjelang ajal memohon dengan sangat untuk diselamatkan. Dan seorang ibu muda yang tertabrak mobil memohon hingga terdengar oleh Kim Shin. Ibu muda yang ternyata sedang hamil itu selamat dan saat Grim Reaper, aka malaikat maut hendak menjemputnya, ibu itu sudah tidak ada di lokasi. Nah, lho!

Sembilan tahun kemudian, si anak yang lahir itu besar dengan keadaan yang bisa dibilang tidak normal, karena dia bisa melihat hantu. Dan saat usianya 9 tahun, dia bertemu lagi dengan Grim Reaper untuk dijemput, karena dia seharusnya sudah mati dulu. Ji Eun Tak dicap sebagai ‘missing soul’. Namun seorang dewi yang menyamar menyuruh grim reaper pergi.

Saat Ji Eun Tak di SMA, dia bertemu dengan Kim Shin, dan mengenali ahjussi itu sebagai goblin. Tapi dia diem2 aja, soalnya dia gak mau menyinggung perasaan si ahjussi. Hingga suatu saat Kim Shin pergi ke Kanada lewat pintu kemana saja *udah kayak Doraemon* Eun Tak ngikutin! Kagetlah Kim Shin. Trus barulah Eun Tak mengaku kalo dia selalu dipanggil ‘the goblin bride’ oleh hantu2 yang sering dia temui itu. Dan dia pun tumbuh besar dengan meyakini itu. Kim Shin tentu aja gak percaya, karena goblin bride harusnya bisa melihat pedang yang nancep di dadanya, kok Eun Tak gak ngomong apa2? Ternyata Eun Tak bisa ngeliatnya, sodara-sodara.. Tuh dia! Sambil nunjuk dada Kim Shin.

goblin-1

So, Eun Tak adalah pengantinnya yang setelah 900 tahun ditunggu-tunggu. Karena situasi tempat tinggal Eun Tak yang tidak memungkinkan, Kim Shin memboyong Eun Tak untuk tinggal bersamanya. **see? drama Korea mah gitu. Selalu ada alasan untuk tinggal bersama** Dan siapa lagi yang tinggal di rumah Kim Shin kalau bukan Si Grim Reaper nan ganteng! Hubungan goblin dan grim reaper ini kocak banget! Mereka tuh awalnya hate-hate relationship, tapi lama-lama jadi love-hate relationship gituh. Yang bahkan Grim Reaper ini gak mau Kim Shin metong.

Konflik ditambah juga dengan kemunculan seorang gadis cantik yang jatuh cinta pada grim reaper. Eaaa, film kok tambah aneh aja ya? Siluman lah jatuh cinta sama manusia, adalagi manusia jatuh cinta sama malaikat maut. Itulah akibatnya kalau siluman dan malaikat maut tampangnya ganteng-ganteng bikin manusia klepek-klepek! *fiuuhhh*

goKonon, grim reaper terlahir kembali dari manusia yang di masa lalunya berbuat kejahatan tak termaafkan. Nah lho! si ganteng grim reaper tanpa nama ini siapa emang dulunya? Apakah kehidupan mereka di masa lalu saling berkaitan? Lalu bagaimana dengan goblin yang sudah mulai jatuh cinta pada Eun Tak, dan jadi nggak mau dicabut pedangnya? Wew…! Sangat ribet ya?

Scenery di drama ini keren-keren banget! Pemandangan di gunung, di padang rumput, di tempat resort ski, semuanya bikin sesek napas saking breath-takingnya. Ditunjang dengan lagu-lagu yang memanjakan telinga, drama ini wajar kalau mendapat rating tinggi. Bahkan setelah berminggu selesai tayang, drama ini masih hangat diperbincangkan. Dan yang belum nonton jadi merasa wajib kejar tayang hingga tengah malam demi melahap drama yang keren ini. Saya sendiri jarang banget ngerasa attached sama drama korea, kecuali beberapa yang bagus banget, seperti si Goblin ini.

goblin-poster-4

Jadi yang belum nonton, udah deh, gak usah alasan, ‘gue gak suka nonton yang lagi viral,’ udah, nonton aja! Rugi kalo nggak. Dari pada dibilangin, “situ kemane aje? Drama gratis kok dilewatin.” Sana, streaming… Dari pada mainan sosmed nyepam-nyepam berita hoax, mending baca buku sih, tapi kalo gak baca juga ya udah nonton aja. Good idea, kan?

Advertisements

One thought on “Drama Korea: Goblin

  1. Pingback: Drama Korea: The Legend of the Blue Sea | Melakoni Hidup

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s