Film India: PK

Assalamu’alaikum,

Setelah mabok drakor, santai dulu dengan nonton film India. Entah kenapa tetiba kangen aja nonton film India. India juga ada dramanya, tapi saya kurang suka. Soalnya panjang banget, sampe ratusan gitu episodenya. Jadi inget sinetron Tersanjung yang sampe pemainnya ganti belum kelar-kelar juga :p

Anyway, mari kita bahas film PK ini.

PK_posterDi dunia yang luas ini, bagaimana kita tahu bahwa Bumi adalah satu-satunya planet yang ditinggali oleh manusia? Bagaimana kalau ternyata ada planet lain, yang dihuni oleh makhluk hidup, dan bagaimana jika suatu hari mereka datang ke bumi?

Inilah (kurang-lebih) awal narasi film India yang berjudul PK. Seorang alien, berbentuk Aamir Khan, datang ke Bumi dengan menggunakan pesawat luar angkasa. Tanpa mengenakan sehelai kain pun, hanya mengenakan kalung besar berwarna hijau yang berfungsi sebagai remote untuk memanggil pesawat luar angkasanya.

Di Bumi, dia bertemu pertama kali dengan seorang pengembara, yang kemudian tega mencuri kalungnya. Tentu saja PK panik. Bagaimana cara dia pulang kembali ke planetnya kalau remotenya hilang? Di sinilah perjalanan PK dimulai. Mulai dari mempelajari bahasanya, mengelompokkan jenis-jenis manusia yang ditemuinya, sampai akhirnya dia mendapatkan namanya: PK. Kocak, sedih, mengharukan, tapi gemes juga dengan pikirannya yang polos, namun di saat yang bersamaan, smart.

Setelah bertemu dengan seorang pekerja di televisi, PK diajak talk show melawan salah seorang Guru yang diketahuinya memiliki kalung hijaunya dan menolak mengembalikan kalung tersebut pada PK, dengan mengatakan bahwa kalung itu dikirimkan Tuhan olehnya.

Apakah PK masuk TV hanya untuk meminta remotenya? Sebenarnya jawabannya sesimpel ‘iya’. Namun ternyata banyak pihak yang meragukan ajaran si guru tersebut, maka dibuatlah acara debat mereka menjadi ‘live.’

Diskusi mereka menjadi panas (well, si Guru sih yang merasa panas, PK mah nyantai aja) karena membahas masalah agama dan Tuhan. PK yang memiliki pertanyaan kritis tentang Tuhan, dianggap mencemooh Tuhan. Padahal pertanyaan dan pernyataan-pernyataan PK selalu berhasil dia buktikan secara nyata. Konsep ‘salah sambung’nya menjadi booming. Dan masyarakat pun mulai kritis memandang sesuatu. Tidak hanya menelan bulat-bulat apa yang diajarkan tokoh agama, mereka juga berani bertanya dan mengungkapkan pendapat mereka.

Tapi PK bukanlah robot. Dia pun bisa merasakan jatuh cinta, dan itu dirasakan setelah berhari-hari menghabiskan waktu dengan reporter TV yang membantunya mencari remote pesawat luar angkasanya. Dan mata saya sampe pegel ngeliat si Aamir Khan sepanjang film melotot terus 😀 (tapi matanya bagus ya…)

Anyway… film ini bagus, dan nyentil banget buat yang masih terjebak di dunia SARA, dimana anggapan muslim adalah teroris dan berbagai prasangka lainnya terhadap agama lain, dipatahkan dengan dialognya PK. So, buat penggemar film India cuz tonton deh. Buat yang nggak suka film India dengan lagu-lagu gitu, film ini lagunya enak, dan gak norak kok joget-jogetnya. Ada meaningnya 😀 Saya aja mau cari sontreknya 😉

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s